Apa itu IT Manager Kebun, Berikut ini Kebutuhan dan Pekerjaanya

Apa itu IT Manager Kebun, Berikut ini Kebutuhan dan Pekerjaanya
257 view • 13 Agustus 2023

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Apa itu IT Manager Kebun? IT Manager Kebun merupakan jabatan yang melakukan banyak tugas atau aktivitas yang berkaitan dengan jalannya bisnis proses program erp, kebutuhan jaringan dan penerapannya, dan pemenuhan kebutuhan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak, selain itu bertanggung jawab atas semuan kegiatan IT baik itu perangkat lunak maupun perangkat keras.

Kebutuhan perusahaan dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak sudah menjadi satu hal yang wajib di jaman saat ini, karena hampir semua aktivitas dilakukan dengan menggunakan komputer, apa lagi saat ini internet menjadi bagian dari fasilitas wajib di setiap perusahaan, karena data dan informasi disimpan di cloud computing, jadi tidak ada lagi penggunaan kertas yang di tumpuk - tumpuk dalam rak.

Baca juga : Apa itu Krani Divisi

Dengan adanya peran IT Manager semua pekerjaan bisa dilakukan secara struktur dan terukur sesuai dengan SOP yang berlaku, bagaimana jadinya kalau IT Manager yang mengurusi kegiatan di perusahaan perkebunan kelapa sawit, apa kebutuhan dan pekerjaan yang harus di kerjakan, berikut dibawah ini ulasannya.





Ruang Lingkup IT Manager Kebun


Lingkup dari IT Manager Kebun tidak lepas dari infrasutruktur IT berkaitan dengan perangkat lunak, perangkat keras dan jaringan, jadi sebagai seorang IT Manager harus mengerti bidang - bidang tersebut, apalagi di perusahaan perkebunan kelapa sawit, banyak sekali bagian - bagiannya, yang harus di handle, IT Manager tidak melulu urusan perangkat keras, akan tetapi harus tahu tentang setiap kebutuhan perangkat lunak, nah IT Manager tidak bekerja sendiri, melainkan ada orang - orang yang melaksanakanya.




Kebutuhan IT Manager Kebun


IT Manager kebun harus tahu kebutuhan infrastruktur IT baik didalam kantor maupun di lapangan, karena kita tahu bahwa di perkebunan banyak bagian - bagian yang harus di tangani, berikut ini salah satunya:

  1. Kebutuhan infrastruktur jaringan, dimana ini mencakup jaring internet yang bisa terknoneksi yang satu dengan yang lainnya, seperti koneksi internet dari divisi / afdeling, ini biasanya menggunakan jaringan radio.
  2. Kebutuhan selanjutnya adalah internet, internet menjadi bagian penting dalam mengelola dan menyimpan data di cloud.
  3. Komputer / laptop untuk kebutuhan setiap bagian misalkan traksi, pabrik, kantor dan bagian divisi, guna untuk melakukan input pekerjaan.
  4. Perangkat pendukung seperti printer, scanner, perangkat jaringan dan perangkat pendukung lainnya.
  5. Kebutuhan perangkat lunak mulai dari sistem operasi, office, dan perangkat lunak pendukung lainnya, seperti program accurate, erp aplikasi dan lain sebagainya.




Pekerjaan IT Manager Kebun


Pekerjaan IT Manager kebun itu cukup banyak dan kompleks, berikut dibawah ini salah satunya :

  1. Bertanggungjawab memimpin tim IT & ERP (ERP supporting team).
  2. Merencanakan dan memantau perkembangan kemajuan ERP project yang sedang berjalan.
  3. Berkoordinasi dengan vendor dan menyelaraskan kebutuhan antar departemen dalam rangka memastikan percepatan implementasi ERP.
  4. Merencanakan dan memantau jaringan infrastruktur baik itu di kantor mampun lapangan
  5. Memastikan semua kebutuhan tim Network dan ERP berjalan sesuai dengan SOP di perusahaan.
  6. Melakukan Evaluasi dan perencanaan pengembangan IT, Perangkat lunak dan Infrastruktur.
  7. Memastikan bisnis proses di perkebunan mulai dari produksi panen, gudang, traksi, personalia, keuangan berjalan sesuai yang di harapkan.





Demikian tip dan ulasan singkat mengenai IT Manager kebun, mulai dari ruang lingkup, kebutuhan dan pekerjaan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Apa itu IT Manager Kebun, Berikut ini Kebutuhan dan Pekerjaanya"


Tinggalkan Komentar Disini