Cara Mengatasi Air Sumur Bor Bau, Kuning dan Berminyak

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Bau, Kuning dan Berminyak
111 view • 08 Maret 2024

Picture by : kompas.com • Post by : Admin@wirneet

Halo sobat, kali ini mimin akan berbagi tips dan trik tentang cara mengatasi air yang bau, kuning dan berminyak, kita tau di Indonesia banyak sekali daerah yang memiliki kekurangan air bersih, karena memang kountur tanah dan daerah rawa dan gambut, ini yang membuat kondisi air menjadi bau, kuning dan berminyak.

Air menjadi salah satu sumber kehidupan yang dipakai untuk sehari - hari, seperti mandi, mencuci, memasak dan lain sebagainya, ini tentu menjadi masalah ketika air yang kita gunakan bau, kuning dan berminyak, sehingga bisa menyebabkan masalah kulit jika di gunakan waktu yang lama.

Disini mimin akan memberikan solusi cara untuk mengatasi air sumur bor bau, kuning dan berminyak, bahan utamanya adalah sekam padi bakar, dan arang, fungsi sekam padi dan arang untuk memfilter bau, air kuning dan berminyak secara maksimal, yuk simak dibawah ini Cara Mengatasi Air Sumur Bor Bau, Kuning dan Berminyak menggunakan sekam padi bakar dan arang.




Bahan Membuat Filter Air Sumur Bor Sederhana


  1. Siapkan bahan sekam padi bakar, karena sekam padi bakar mengandung sekitar 37,5% karbon yang dapat dijadikan salah satu media penjernih air yaitu karbon (arang) aktif, Anda bisa beli di marketplace
  2. Kemudian siapkan arang kayu,bisa Anda beli di warung terdekat
  3. Tong biru 90 liter (untuk dijadikan sebagai filter air)
  4. Tandon air (penampung air setelah di filter)
  5. Sock Drat Luar Fitting Pvc Sambungan Pipa Pvc 1 Inch 
  6. Drat dalam 1 inci
  7. Lem pipa

Dari bahan tersebut di atas lebih kurang kita mengeluarkan dana sebesar 350 ribuan, ini merupakan dana di awal saja, selanjutnya hanya tinggal beli sekam padi bakar dan arang saja.




Cara Pembuataan Filter Air Sumur Bor Sederhana


  1. Silakan siapkan tong biru 90 liter, lalu lubangi pada bagian sampaing bawah, fungsinya untuk mengalirkan hasil filter.
  2. Lalu masukkan Sock Drat Luar Fitting Pvc Sambungan Pipa Pvc 1 Inch
  3. Kemudian silakan masukkan drat dalam 1 inci untuk mengunci
  4. Masukkan arang kayu, di ikuti sekam padi bakar, ini saya penggunaanya setengah dari tong 90 liter, semakin banyak semakin bagus, ini sebanyak 12 bungkus, satu bungkusnya saya pakai yang sekam padi bakar 5 liter.
  5. Siampakan tando untuk menampung air yang sudah di filter, untuk di salurkan ke bak - bak penampungan seperti kamar mandi, tempat cuci piring dan lain sebagainya, contohnya bisa Anda lihat gambar di bawah ini.

filter air menggunakan tong biru





Posisi filter air harus lebih tinggi dari tandon air penampungan, agar air yang sudah di filter bisa masuk ke dalam tandon air, hasil filter air menggunakan sekam padi bakar dan arang sangat efektif dan baik, karena saya sudah mencoba 2 tahun belakangan ini, dan hasilnya sangat bersih airnya, pergantian sekam padi bakar dan arang, ini biasanya tergantung dari airnya, kalau saya sendiri penggunaanya 8 - 10 bulan.





Demikian tips dan trik cara mengatasi air sumur bor bau, kuning dan berminyak, terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Cara Mengatasi Air Sumur Bor Bau, Kuning dan Berminyak"


Tinggalkan Komentar Disini