Apa Itu IT Support, Berikut ini Kebutuhan, Tugas dan Pekerjaanya

Apa Itu IT Support, Berikut ini Kebutuhan, Tugas dan Pekerjaanya
202 view • 14 Agustus 2023

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Munculnya IT Support dikarenakan kemajuan akan teknologi dan informasi, dengan kemajuan tersebut tidak semua orang bisa memahami teknologi secara satu persatu, contohnya saja terjadi masalah koneksi jaringan internet putus di komputer kita, atau bagaimana cara koneksikan printer melalui jaringan wifi dan sebagainya, inilah yang menyebabkan IT Support itu hadir didalam sebuah perusahaan.

Apa itu IT Support? IT Support adalah orang yang mampu menangani dan melakukan instalasi perangkat keras dan perangkat lunak, selain instalasi harus menguasai troubleshooting dalam menangani berbagai masalah seperti printer, koneksi jaringan, laptop dan masalah lainnya yang berkaitan dengan teknologi.

Baca juga : Apa itu IT Manager Kebun

Dengan kemajuan teknologi saat ini banyak perusahaan yang menginginkan IT Support dalam membantu masalah - masalah seputar teknologi, Apa saja kebutuhan, tugas dan pekerjaan yang harus di lakukan oleh IT Support.





Ruang Lingkup IT Support


Ruang lingkup IT Support tidak jauh - jauh dengan yang namanya teknologi dan informasi, ini sangat melekat sekali, jadi Anda yang menginginkan menjadi IT Support, maka Anda harus mengerti tentang teknologi baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak, yang menjadi hal penting adalah, kita harus menguasai beberapa teknologi, setidaknya kita paham cara kerja dari parangkat tersebut dan cara menggunakanya itu sudah cukup membantu pekerjaan kita.

Selain itu kita harus bisa memahami tentang diluar tentang perangkat keras, seperti spam, malware maupun serangan virus, karena saat ini internet menjadi salah satu jalur komunikasi dan informasi global yang bisa diakses kapan saja.




Kebutuhan IT Support


IT Support menjadi kebutuhan hampir disetiap perusahaan, ada juga sebagian perusahaan yang tidak menggunakan IT support dalam menangani masaslah IT mereka, melainkan menggunakan pihak ke tiga atau rekenan layanan servis, Apa saja kebutuhan untuk menunjang IT Support.

  1. Kebutuhan IT Support itu mencakupi infrastruktur yang berkaitan dengan perangkat keras dan perangkat lunak
  2. Internet menjadi bagian penting dalam mengelola dan mengirim data
  3. Kebutuhan ruangan yang memadai untuk menyelesaikan masalah perangkat keras
  4. Kebutuhan rak atau tempat penyimpanan perangkat keras atau alat teknis.




Pekerjaan IT Support


Apa saja pekerjaan yang harus dikerjakan oleh seorang IT Support, berikut dibawah ini salah satunya yang bisa Anda kuasai.

  1. Bisa dan memahami tentang jaringan, dan bisa troubleshoot Jaringan
  2. Slenjutnya adalah yang paling utama adalah mengerti dan menguasai segala hal yang berhubungan dengan komputer dan printer.
  3. Pekerjaan selanjutnya adalah harus bisa membuat atau merangkai jaringan LAN (Local Area Network) mulai dari motong kabel hingga pasang RJ45.
  4. Selanjutnya bisa merakit komputer dan memperbaiki komputer rusak
  5. Pekerjaan selanjutnya adalah harus bisa memastikan sistem pendukung seperti printer dan scanner dapat beroprasi
  6. Selanjutnya mampu menginstal dan konvigurasi antivirus keamanan komputer maupun laptop
  7. Ada memiliki sertifikat yang berhubungan dengan networking, karena ini sangat di butuhkan diperusahaan - perusahaan yang sudah maju, karena mereka memeliki standar penggunaan jaringan.





Demikian ulasan singkat mengenai IT Support, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Apa Itu IT Support, Berikut ini Kebutuhan, Tugas dan Pekerjaanya"


Tinggalkan Komentar Disini