Apa Itu Krani Divisi? Ini Tugas dan Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Krani Divisi? Ini Tugas dan Penjelasan Lengkapnya
4.0 K view • 25 Juli 2023

Picture by : techsains.com • Post by : Admin@wirneet

Krani divisi kesamaan dari krani afdeling, mungkin dari Anda sudah banyak yang tahu tentang penyebutan istilah di perkebunan kelapa sawit, ada yang menggunakan divisi dan ada yang menggunakan afdeling, tergantung dari perusahaannya, intinya adalah sama. Sebagian besar di perkebunan kelapa sawit memperkerjakan seorang krani dikantor kebun, mulai dari krani gudang, krani traksi, krani afdeling dan krani buah.

Apa itu krani divisi? Krani divisi adalah seorang pegawai / karyawan kebun yang mengelola / input / menyiapkan laporan kegiatan kebun di divisi seperti hk absensi, kegiatan panen, perawatan kebun, dan kegiatan lainya yang berkaitan dengan produksi panen di divisi.

Kantor kebun itu biasanya di tempatkan di area perkebunan, biasanya tidak jauh dari masing - masing kantor afdeling, kantor afdeling dijadikan sebagai tempat kumpulnya para karyawan bagian pemanen, perawatan dan para pengawas panen, selain itu juga di jadikan sebagai tempat kantor penginputan kegiatan produksi panen dan pemeliharaan.

Baca juga : Cara Menghitung Brondolan Sawit dan BJR

Sebagian besar kegiatan admistrasi di afdeling dikerjakan di kantor kebun, karena kita tahu bahwa di daerah perkebunan khususnya di divisi tidak ada jaringan internet, jadi apa saja tugas seorang krani divisi, mari kita ulas dibawah ini tentang tugas dan penjelasan lengkap tugas dan kewajiban seorang krani divisi.




Tugas dan Pekerjaan Sebagai Krani Afdeling


  1. Merangkum kegiatan dari BKM (Buku Kerja Mandor), ini biasanya berkaitan dengan data tenaga kerja HK Pemanen, HK Perawatan, Pemakaian bahan, Langsiran buah, Pekerjaan perawatan dan Panen.
  2. Menginputkan data HK Absen masing - masing pemanen dan perawatan.
  3. Tugas Selanjutnya sebagai krani divisi adalah melakukan input data panen harian, ini menjadi tugas utama sebagai krani divisi, merincikan data panen untuk di olah siapa - siapa saja pemanen yang mendapatkan premi lebih borong.
  4. Melakukan input data perawatan/pemeliharaan berkaitan dengan pekerjaan pemeliharaan dan pemakaian bahan.
  5. Melakukan permintaan alat dan bahan, terkait dengan kebutuhan pemanen maupun tanaman seperti bahan kimia dan pupuk.
  6. Setiap inputan data yang sudah di kerjakan, selanjutnya membuat laporan rincian kegiatan hk absen, panen, perawatan dan pemakaian bahan, setalah itu membuat rekapan di setiap rincian.





Pekerjaan krani divisi membutuhkan effort lebih untuk menyelesaikan pekerjaan mulai dari data penen, pemeliharan dan realisasi bahan, nah biasanya krani divisi / afdeling itu hanya melakukan pekerjaan di satu divisi saja. Pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan hari ini, biasanya dikerjakan pada hari esoknya, karena mengingat ada pekerjaan lapangan yang selesainya itu sampai malam hari, contohnya saja panen buah yang terjadi restan, sehingga mengharuskan di kerjakan pada esok harinya.





Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Apa Itu Krani Divisi? Ini Tugas dan Penjelasan Lengkapnya"


Tinggalkan Komentar Disini