Apa Itu Threads? Pengganti Sosial Media Twitter

Apa Itu Threads? Pengganti Sosial Media Twitter
127 view • 30 Juli 2023

Picture by : stern.de • Post by : Admin@wirneet

Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan kemunculan platform sosial media baru besutan Meta yaitu Threads. Bagaimana tidak, aplikasi yang satu ini dinilai menarik karena fitur-fiturnya yang up to date sesuai kebutuhan anak milenial. Namun apa itu Threads dan fungsi yang ada didalamnya?

Kehadiran Threads membuat aktivitas netizen menjadi lebih menyenangkan di internet. Layaknya Twitter, disana Anda bisa membagikan banyak status dan berkomunikasi dengan pengguna lain. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan berikut. 

Baca juga : Facebook, Pengaturan Privasi Itu Penting





Apa Itu Threads? Ini Pengertiannya!


Aplikasi Threads adalah sebuah platform sosial media yang dikembangkan oleh Facebook. Threads dirancang demi memberikan pengalaman intens dalam berkomunikasi, sehingga penggunanya memungkinkan untuk berbagi foto, video, dan teks kepada mutual friends.

Fitur utama dari Threads adalah 'Status'. Disana Anda dapat mengirim pesan apapun agar pengguna lain tahu tentang apa yang Anda lakukan atau bagaimana perasaan Anda saat ini. Uniknya, status tersebut bisa diaktifkan secara otomatis berdasarkan aktivitas, lokasi, atau bahkan level baterai ponsel pengguna.




Cara Membuat Akun Threads


Nah sekarang Anda sudah tahu apa itu Threads, apakah Anda tertarik bergabung? Ikuti beberapa langkah-langkah berikut untuk membuat akun Threads dan memulai perjalanan berbagi konten menyenangkan!

  • Pertama, pastinya Anda perlu mengunduh aplikasi Threads terlebih dulu di Google Play Store atau App Store.
  • Lalu login menggunakan akun Instagram yang sudah Anda miliki.
  • Kemudian atur preferensi privasi. Disana terdapat sejumlah opsi pengaturan privasi, seperti siapa yang dapat melihat konten Anda serta siapa yang dapat mengirimi Anda pesan. Atur opsi sesuai keinginan Anda.
  • Tambahkan kontak yang penting ke dalam daftar teman di Threads agar memudahkan Anda berbagi konten dengan orang-orang terdekat.
  • Akun Threads berhasil dibuat, Anda bisa langsung mulai berbagi konten dengan banyak fitur kreatif yang ditawarkan.




Kelebihan Aplikasi Threads


Sejak kemunculan Threads, antusiasme pengguna Instagram semakin masif, apalagi dengan adanya fitur-fitur yang mampu membantu pengguna untuk meningkatkan kreativitas mereka. Kemunculan aplikasi Ini berhasil viral dengan sejumlah kelebihan seperti berikut ini!

1. Lebih Fokus pada Konten Visual

Threads memiliki keunikan tersendiri dari segi penyampaian kontennya yang fokus pada visual, seperti foto dan video. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan distraksi dari komentar ataupun like pada setiap postingan feed. Pengguna pun bisa memperhatikan serta menghargai cerita secara lebih intens.

2. Menjadi Peluang Kolaborasi yang Menarik

Apa itu Threads? Maka jawabannya bukan hanya sekadar sosial media biasa. Disini Anda bisa membuka peluang kolaborasi antara pengguna Instagram. Misalnya dengan bekerjasama dalam membuat postingan dan menggabungkan konten menjadi satu visual yang harmonis.

3. Keamanan Privasi Terjamin

Threads memberikan kendali penuh kepada pengguna atas siapa yang dapat melihat serta mengakses cerita Anda. Bahkan Anda juga bisa membagikan cerita Threads hanya ke kelompok tertentu seperti teman dekat atau keluarga, sehingga memberikan pengalaman yang lebih intim dan tetap menjaga privasi Anda. 

4. Interaksi Lebih Personal

Aplikasi Threads Instagram menawarkan postingan yang dilengkapi fitur unik seperti dapat menambahkan teks, stiker, emoji, dan juga tautan atau link eksternal. Tentunya hal tersebut memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mengekspresikan ide hingga informasi tambahan yang tidak tersampaikan melalui dalam postingan tersebut.




Kekurangan Aplikasi Threads


Sayangnya, meski hadir dengan banyak fitur unggulan serta kelebihan yang memadai, tapi Threads dinilai masih memiliki kekurangan tersendiri yang dirasakan pengguna. Lalu apa saja kekurangan dari aplikasi buatan Instagram yang satu ini? Berikut adalah jawabannya!

1. Kurangnya Kemampuan Pencarian

Faktanya Threads masih kurang dari segi kemampuannya dalam mencari atau menemukan postingan secara spesifik. Sehingga jika nantinya Anda ingin melihat kembali postingan Threads yang sudah lama, Anda perlu mencari manual melalui cuitan lama. Tentunya hal ini membuat Anda kesulitan menemukan kembali cerita yang ingin dilihat.

2. Kurangnya Fleksibilitas dalam Editing

Selain kurang dari segi navigasi pencarian, aplikasi Threads juga cenderung membatasi pengguna pada tata letak dan format bawaan yang disediakan. Pasalnya Threads tidak memiliki opsi untuk mengubah posisi, ukuran, bahkan gaya tampilan setiap elemen gambar atau video.

3. Keterbatasan Format

Tahukah Anda, saat ini Threads hanya mengizinkan pengguna untuk membagikan postingan gambar atau video dalam satu postingan saja. Itu artinya Anda tidak bisa menambahkan teks panjang beserta tambahan konten lain seperti musik atau GIF. Keterbatasan ini pastinya menjadi kendala tersendiri bagi pengguna dalam mengunggah pesan yang lebih kompleks.

4. Tidak Dapat Diunggah di Feed

Aplikasi Threads adalah platform baru yang memang masih membutuhkan perbaikan. Pasalnya Threads hanya bisa diakses melalui bagian cerita pengguna dan tidak dapat di posting langsung ke feed. Unggahan Threads Anda hanya bisa dilihat dalam waktu singkat dan mungkin tidak menghasilkan eksposur yang sama layaknya postingan di feed utama.





Nah itulah sejumlah informasi tentang apa itu Threads hingga bagaimana kelebihan serta kekurangan aplikasinya. Sekarang Anda bisa langsung mendaftarkan diri menjadi bagian dari Threads untuk berkomunikasi dengan banyak orang disana. Pastikan Anda memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan Threads, ya!





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Apa Itu Threads? Pengganti Sosial Media Twitter"


Tinggalkan Komentar Disini