Cara Mengatasi Processor Panas atau Overheat

Cara Mengatasi Processor Panas atau Overheat
288 view • 07 Maret 2024

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Penyebab utama processor komputer Anda mengalami panas yang berlebihan, salah satunya adalah panas yang di timbulkan kinerja processor tidak terdeliver kebagian heatsink, ini penyebab utama kebanyakan, karena memang faktor usia, dimana tidak ada perawatan seperti pembersihan komponen dari debu dan partikel yang menggagu, selain itu suhu rungan yang cukup panas. 

Penghubung panas antara processor dengan heatsink yaitu menggunakan themal paste, dimana bahan ini sangatlah penting untuk mengalirkan panas dari processor ke heatsink atau fan cooler processor, selain itu penyebab lain mengapa processor Anda mengalami overheat adalah fan processor Anda mati, mengakibatkan tidak ada pendingin untuk meredam panas.

Pengalaman tentang processor overheat mimin pernah mengalaminnya, salah satu penyebabnya adalah thermal paste yang sudah tidak berfungsi dengan baik, so jadi bagaimana caranya Mengatasi Processor Panas atau Overheat, berikut ini tips dan triknya.





1. Ganti Themal Paste


thermal paster processor

Tips yang pertama adalah ganti thermal paste processora Anda, thermal paste ini terletak pada bagian atas processor dimana berfungsi sebagai penghantar panas dari processor, Anda bisa membeli thermal paste ke toko komputer atau Anda bisa beli di marketplace, cara menggantinya adalah bersihkan yang lama terlebih dahulu (dibagian processor), kemudian olehkan kembali secukupnya. Cara ini cukup mampu untuk mengatasi processor Anda yang mengalami overheat, kare mimin sediri mengalaminya.




2. Ganti Heatsink (Fan Processor)


fan processor

Jika dirasa processor Anda masih mengalami panas di angka 40 - 45 derjat / 80, maka Anda bisa menggati heatsink / fan processor yang lebih bagus untuk meredam panas dari processor, banyak merek fan processor di harga 100 ribuan sudah mumpuni, salah satunya merek NYK NEMSIS dijamin bisa meredam panas yang lebih baik.




3. Fan Cooler


fan cooler nyk

Untuk memaksimalkan peredaman panas, Anda bisa menambahkan fan cooler, agar panas di dalam casing bisa di buang secara maksimal, Anda bisa cari fan cooler RGB yang lebih menarik, karena fan cooler membantu meredam panas di dalam cpu agar panas yang di keluarkan dari processor bisa di buang keluar.





Selain tips dan trik di atas, Anda bisa membersihkan bagian motherboard Anda dengan menggunakan kuas, agar komponen - komponen elektroniknya bekerja dengan baik dan tidak tertutup oleh debu, hal ini bisa memicu panas yang berlebih. Demikian tips dan trik ini kami bagikan, terima kasih telah berkunjung di blog kamil, Semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Cara Mengatasi Processor Panas atau Overheat"


Tinggalkan Komentar Disini