Apa itu Mandor Traksi? Berikut ini Tugas dan Penjelasan Lengkapnya

Apa itu Mandor Traksi? Berikut ini Tugas dan Penjelasan Lengkapnya
115 view • 26 Juni 2024

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Pekerjaan di perkebunan kelapa sawit tidak lepas dari transportasi dan alat berat, apalagi area kebun yang luas dan medan jalan yang membutuhkan support kendaraan maupun alat berat, kita tahu bahwa di bagian produksi panen membutuhkan transportasi untuk angkutan tbs dalam kebun, angkutan tbs dari kebun ke pababrik.

Selain angkutan dalam kebun ada juga alat berat seperti doser, jonder, beko dan alat berat lainnya, alat berat biasanya digunakan untuk perbaikan jalan kebun, buat jalan, pengerasan jalan kebun, selain itu ada juga pembuatan pembuatan parit, pembuatan kolam, pembuatan bedengan dan lain sebagai, sehingga membutuhkan yang namanya alat berat.

Baca juga : Apa Itu Krani Traksi di Perkebunann Kelapa Sawit

Mandor traksi adalah orang yang mengawasi dan mengatur kegiatan traksi di perkebunan kelapa sawit, pekerjaan sebagai mandor traksi itu tidak mudah, karena harus mengetahui jenis - jenis kendaraan dan berbagai perlengkapan dan peralatan terkait spare part yang di gunakan, ktidak hanya jenis kendaraan yang harus di ketahui, masalah - masalah di lapangan juga harus bisa, seperti pengerjaan jalan, penghematan bbm dan berkoordinasi dengan orang - orang lapangan seperti asisten kebun.




Tugas Mandor Traksi


Tugas mandor traksi di perkebunan kelapa sawit ini biasanya sangat banyak, terkait pekerjaan di lapangan dan mengatur kendaraan yang digunakan setiap harinya, berikut dibawah ini apa saja tugas pekerjaan seorang mandor traksi.

  1. Melakukan kordinasi rencana kerja terhadap anggotanya baik itu supir, operator, helper, kenek dan krani traksi
  2. Memantau pekerjaan lapangan baik itu pekerjaan angkutan tbs, pekerjaan alat berat dan perbaikan - pernbaikan kendaraan.
  3. Melakukan pengecekan terhadap permintaan bbm dan spare part kendaraan yang masuk.
  4. Melakukan inspeksi alat kendaraan yang menggunakan HM/KM, dimana HM/KM kendaraan berfungsi sebagai parameter penggunaan biaya / hm maupun biaya / km.
  5. Melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang mengalami masalah 
  6. Mengatur dan mengizinkan kendaraan pengganti apabila ada kendaraan / alat berat yang rusak.
  7. Mengatur penggunaan BBM kendaraan kebun
  8. Mengatur penggunaan Sparepart kendaraan kebun 
  9. Melakukan pengecekan penggunaan BBM kendaraan yang over budget dari yang di rencanakan.





Dibagian traksi kebun itu tidak hanya mengurusi bagian kendaraan saja, ada juga bagian sipil, dimana ini termasuk dari bagian traksi, pekerjaan sipil di perkebunan kelapa sawit meliputi pekerjaan bangunan dan konstruksi, perbaikan bangunan dan listrik. Pekerjaan sipil kebun ini biasanya yang bersifat swakelola atau pekerjaan yang di kerjakan sendiri oleh perusahaan.

Demikian ulasan mengenai mandor traksi di perkebunan kelapa sawit ini kami bagikan, terima kasih telah berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Apa itu Mandor Traksi? Berikut ini Tugas dan Penjelasan Lengkapnya"


Tinggalkan Komentar Disini