Apa Itu Krani Gudang Kebun Kelapa Sawit? Ini Tugas dan Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Krani Gudang Kebun Kelapa Sawit? Ini Tugas dan Penjelasan Lengkapnya
124 view • 14 Juni 2024

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Halo sobat bisnis, kali ini mimin akan membahas mengenai tenaga kerja di perkebunan kelapa sawit, salah satunya ada krani gudang, atau bisa di sebut pegawai gudang yang menangani persediaan barang baik itu penerimaan maupun pengeluaran barang, nah di setiap perusahaan perkebunan kelapa sawit pasti ada gudangnya ya, terkait gudang untuk kebutuhan kebun maupun pabrik.

Disini kita bahas terlebih dahulu mengenai gudang kebun, gudang kebun itu meliputi persedian pupuk, bahan kimia, bahan bangunan, alat panen, instalasi listrik dan air, sparepart mesin, bbm dan pelumas dan bahan lainnya yang berkaitan di kebun, krani gudang sendiri bertugas untuk mengeluarkan apa - apa saja permintaan dari kebun, traksi umum dan pabrik juga, jika pabriknya di satu tempat dengan kantor kebun.

Baca juga Apa itu Komponen VRA Traksi 

Secara umum gudang memiliki tempat penyimpanan stok, jadi setiap permintaan pembelian barang untuk keperluan kebun, makan tempat penyimpanannya ada di gudang, jadi apa saja sebenarnya yang terjadi di gudang kebun kelapa sawit, berikut ini tugas dan ulasan lengkapnya.





Kelompok Persediaan


Setiap persedian barang di kebun maupun di pabrik itu di bedakan, sehingga kita tahu apa saja di dalamnya, misalkan persediaan pupuk, bahan kimia, minyak pelumas kendaraan alat berat dan spare part, hal ini untuk menunjang laporan persediaan, misalkan pimpinan meminta kepada krani gudang meminta laporan persediaan pupuk, maka kita bisa sajikan laporan khusus pupuk saja, apalagi kita sudah menggunakan sistem erp, maka laporan lebih mudah di tarik.




Pekerjaan Krani Gudang


Pekerjaan krani gudang adalah melakukan penerimaan, pengeluaran dan stok opname setiap akhir bulan, penerimaan gudang ini biasanya di lakukan karena ada permintaan pembelian untuk kebutuhan stok kebun, dimana nantinya setelah barang sudah sampai kebun, maka krani gudang melakukan penerimaan. Pengeluaran barang gudang juga demikian, akan tetapi biasanya melalui prosedur permintaan terlebih dahulu.

Permintaan pengeluaran gudang ini biasanya ada dari kebun, traksi, pabrik dan bagian umum, dimana permintaan pengeluaran barang tersebut harus dilakukan validasi terlebih dahulu, misalkkan ada permintaan bahan kimia dari divisi 1, maka harus dilakukan validasi terlebih dahulu mulai dari KTU kemudian Manajer kebun, setelah manajer kebun menyetujui, maka status permintaah bahan kimia tersebut bisa di keluarkan oleh krani gudang.




Stok Opname


Stok opname akhir bulan di lakukan agar data persediaan benar - benar sesuai dengan fisik di lapangan, misalkan pada bulan Juni 2024 ada sisa bahan kimia roundup, karena keadaan cuaca dan sebagainya, maka pihak divisi melakukan retur barang, dimana gudang kebun akan melakukan validasi terkait penerimaan dari divisi tersebut, sehingga biaya yang di realisasikan di kebun sesuai dengan pengeluaran gudang.




Masalah - Masalah di Gudang


Masalah yang sering timbul di gudang biasanya tidak kesesuaian antara laporan pengeluaran kebun maupun pabrik, nah ini biasanya terkait barang yang di realisasikan oleh pihak divisi, untuk menyelasaikan masalah ini, maka yang bertanggung jawab atas realisasi pemakaian bahan adalah pihak divisi kebun, karena tugas seorang krani gudang adalah mengeluarkan barang sesuai dengan permintaan dari kebun.

Jadi perlu di perhatikan kembali, bahwa krani gudang tugasnya adalah melakukan pengeluaran barang, terkait bahan itu di realisasikan di blok dan divisi mana itu adalah tugas dan wewenang dari krani divisi, karena itu memang tugas dan tanggung jawab krani divisi, jika tidak sesuai dengan permintaan maka silakan di retur saja permintaan tersebut.

Selain masalah persediaan, yaitu terkait permintaan yang sudah kadaluarsa, dimana kejadiaan ini tidak di lakukan permintaan atau kelupaan si krani melakukan input data permintaan, karena barang sudah di keluarkan atas dasar perintah dari manejer, ini membuat laporan menjadi bermasalah, karena gudang dan bagian keuangan sudah melakukan tutup buku, maka dari itu hindari permintaan langsung tanpa ada input data permintaan barang.





Demikian ulasan mengenai krani gudang dan tugas serta masalah yang ada digudang perkebunan kelapa sawit, terima kasih telah berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat, jangan lupa share jika artikel ini menarik dan bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Apa Itu Krani Gudang Kebun Kelapa Sawit? Ini Tugas dan Penjelasan Lengkapnya"


Tinggalkan Komentar Disini