Perbedaan Timbangan Kebun Dengan Timbangan Pabrik Kelapa Sawit

Perbedaan Timbangan Kebun Dengan Timbangan Pabrik Kelapa Sawit
61 view • 04 Juli 2024

Picture by : timbangansawit.com • Post by : Admin@wirneet

Timbangan kebun dengan pabrik kelapa sawit itu berbeda, karena kita tahu secara komoditas juga ada perbedaan, tapi sama - sama melakukan penimbangan tbs sawit, fungsi timbangan kebun ini biasanya digunakan untuk melakukan timbang masuk dan keluar komoditas tbs yang akan di bawa ke pebrik kelapa sawit, ada juga memang kebun yang tidak memiliki jembatan timbang sawit, melainkan langsung di timbang ke pabrik kelapa sawit.

Selain tbs sawit, jembatan timbang digunakan untuk melakukan timbangan seperti jangkos, abu jangkos, pupuk, material bahan bangunan, karena timbangan kebun bisa jadi digunakan sebagai parameter penagihan ke suplier untuk dilakukannya pembayaran.

Baca juga Apa Itu Krani Timbangan Timbang Pabrik Kelapa Sawit

Timbangan kebun kelapa sawit biasanya di jaga oleh krani timbang kebun, dimana bertugas untuk melakukan kegiatan penimbangan baik itu tbs, meterial bangunan, tanah dan komoditas lainnya, berikut ini Perbedaan Timbangan Kebun Dengan Timbangan Pabrik Kelapa Sawit yang perlu Anda ketahui.




Timbangan Sawit Kebun


Timbangan kebun ini biasanya terletak di dalam kebun berada di area - area pedalaman, komoditas yang di timbang itu biasanya fokus tbs sawit, jadi timbangan kebun ini mengkaver beberapa divisi terkait hasil panen sawit, beberapa timbangan kebun juga dipakai sebagai parameter pembanding tonase terhadap timbangan pabrik kelapa sawit, seperti susut atau buah hilang di perjalanan.

Operasional timbangan kebun biasanya hanya sampai sore hari, paling cepat itu sampai jam 5 sore, tergantung dengan buah di lapangan, ada juga sampai malam hari ini biasanya pada saat banjir buah, yang mengharuskan diangkut ke pabrik, agar buah yang di panen tidak susut dan buah restan kemarin.

Perbedaan timbangan kebun dengan pabrik kelapa sawit adalah terletak pada komoditas yang di timbang dan penjualan, untuk lebih detailnya berikut dibawah ini perbedaanya.




Timbangan Pabrik Kelapa Sawit (PKS)


Timbangan pabrik kelapa sawit merupakan jembatan timbang yang di gunakan untuk melakukan penimbangan seperti komoditas tbs, cpo, kernel, abu janjang, jangkos dan material lainnya, timbangan pabrik yang memiliki kebun sendiri biasanya melakukan timbang buah kebun, nah biasanya mereka juga ada menerima buah masyarakat maupun buah pihak ke tiga yang bekerjasama dengan pabrik kelapa sawit.

Timbangan pabrik kelapa sawit melakukan aktivitas penjualan seperti CPO, dimana kita harus mengetahui data kontrak yang sudah dikirim atau belum, agar kita bisa melakukan kontrol apakah kontrak cpo tersebut sudah terpenuhi atau outstanding, selain itu timbangan pabrik di jadikan sebagai parameter perhitungan Komidel (Komoditas Afdeling) untuk perhitungan BJR, karena biasanya nilai tonase tbs kebun yang di akui adalah timbanga pabrik kelapa sawit.

Timbangan pabrik kelapa sawit khusus tbs biasanya di bedakan terkait tbs buah sendiri dengan tbs sawit pihak ke tiga, agar bisa mengetahui jumlah tonase yang dikirim, selain itu bisa mengetahu kualitas rendemen buah buah sendiri setelah di lakukannya proses di pabrik.





Demikian ulasan ini kami bagikan, terima kasih juga telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Perbedaan Timbangan Kebun Dengan Timbangan Pabrik Kelapa Sawit"


Tinggalkan Komentar Disini