Hati Hati Penipuan Perubahan Tarif Online Mengatasnamakan Bank BNI Via WhatsApp

Hati Hati Penipuan Perubahan Tarif Online Mengatasnamakan Bank BNI Via WhatsApp
398 view • 21 September 2023

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Halo kawan - kawan wirneet, apa kabarnya hari ini? mudah mudahan dalam keadaan sehat selalu, oiya hari ini mimin akan membahas tentang penipuan konfirmasi perubahan tarif secara online, biasanya bank - bank yang kita tahu, pada saat mendaftar rekening baru kita ditawarkan layanan kartu atm dengan berbagai tarif sesuai dengan jenis kartu.

Sebagian dari Anda sudah tahu tentang tarif layanan terkait cetak mutasi buku rekening, tarif kartu atm, tarif pergantian buku, penutupan rekening dan sebagainya, akan tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah pihak Bank BNI tidak pernah mengeluarkan konfirmasi tarif secara online via whatsapp, maka dari itu Anda harus waspada dengan modus penipuan yang satu ini.

Apa sih yang menjadi target utama dari aksi penipuan ini? yaitu data - data akun bank kita, terkait nomor telepon dan kartu atm yang kita gunakan, nah apa saja yang mereka lakukan, berikut ini trik yang di lakukan terhadap targetnya.





Ada Notifikasi Masuk Via Whatsapp


Pada awalnya mereka itu mengirimkan pesan ke nomor whatsapp secara random, dan nomor yang masuk tidak terdaftar di dalam kontak kita, seperti dibawah ini.

notifikasi penipuan

Dari sini mereka ingin mengelabui targetnya dengan membuat akun palsu dari bank BNI dan mereka menggunakan logo bank BNI, apa sebenarnya isi dari pesan tersebut, pesan tersebut berupa gambar dan link, berikut ini isinya.

maraknya penipuan dari whatsapp

Jadi inti dari isi pesan tersebut adalah membuat nasabahnya untuk melakukan persetujuan ataupun konfirmasi penggunaan tarif yang baru dan yang lama, nah pandainya pelaku disini adalah untuk melakukan KONFIRMASI TIDAK SETUJU, karena tarif yang baru 150.000 dan tarif yang lama adalah 6.500, pasti otomatis targetnya pilih tidak setujuan dan isi formulis, karena tarifnya mahal.

Nah disini nanti mimin jelaskan, karena saya tanya lansung dengan CS bank BNI, mbaknya menjelaskan bahwa bank BNI tidak pernah dan memang tidak ada memberikan informasi terkait layanan konfirmasi tarif transaksi secara online via whatsapp.




Penipuan Isi Formulir


Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi jawaban nasabah mengenai informasi tersebut di atas, mereka meminta memilih tarif transaksi dan nomor hp seperti dibawah ini.

tarif penipuan

Jadi Anda diminta untuk mengisi pilihan tarif yang diatas, dan kemudian nomor hp Anda, nah dari sini mimin sarankan jangan sekali - kali mengisi data ini, karena website yang digunakan aneh yaitu roro.tdlz.sbs, kita tahu bahwa alamat website bank BNI yang resmi dan benar adalah bni.co.id




Penipuan Proses Perubahan Tarif Transaksi Mengatasnamakan Bank BNI


Nah penipuan selanjutnya mereka (orang yang tidak bertanggung jawab) meminta mengisi data kartu atm Anda, seperti nomor kartu, masa berlaku dan kode CCV yang ada dibelakang kartu atm Anda, pada tahap ini mereka mencoba untuk mencuri data - data kartu atm kita. Selanjutnya mimin ingatkan, jangan sekali - kali Anda menyebarkan atau memberikan informasi tentang nomor kartu, masa berlaku dan kode CCV kepada orang lain, kecualti untuk kebutuhan lain seperti pembayaran online via auto debet, registrasi mobile banking dan pelaporan kartu hilang.

penipuan mengatasnamakan bank bni via whatsapp




Klarifikasi ke Bank BNI Tentang Penipuan Mengatasnamakan Bank BNI


Kamis, September 21, 2023 07:48 AM

Hai Kak, saya dengan Lida, bisa bantu apa nih Kak?

Mimin : Mau tanyak mbak
Mimin : Apakah bank BNI ada melakukan perubahan tarif konfirmasi secara online? Karena selama ini tidak ada, ini sy mau konfirmasi, sy menduga ini adalah spam penipuan roro.tdlz.sbs

 
Lida (CS Bank BNI) : Maaf atas ketidaknyamanannya ya Kak. Untuk hal tersebut itu bukan dari BNI ya. BNI tidak pernah meminta konfirmasi perubahan tarif apapun. Mohon Kakak tidak klik link apapun dan tidak mengikuti arahan informasi tersebut. Ada hal lain yang bisa dibantu lagi Kak?


Mimin : Baik mbak.. terima kasih atas infonya

Lida (CS Bank BNI) : Sama-sama ya Kak , jika begitu chatnya Lida akhiri ya. Kakak bisa chat kami lagi kalau masih butuh info lainnya. Waspada ya Kak dengan info perubahan biaya transfer online antar bank dan info lainnya dari nomor WA yang tidak dikenal. 1. Selalu mengganti PIN ATM / Password e-Banking Kakak secara berkala. 2. BNI tidak pernah meminta OTP, PIN, Exp date, CVC, User ID dan password e-Banking untuk alasan apapun baik mengisi link atau sarana lainnya. 3. WA resmi BNI 0811-588-1946 dan 0811-861-1946 bercentang hijau dibagian profile, BNI Call 1500046 tanpa atribut apapun. Terima kasih Kak  sudah menghubungi Layanan BNI Chat. Semoga harinya menyenangkan dan sehat selalu ya Kak.
  





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Hati Hati Penipuan Perubahan Tarif Online Mengatasnamakan Bank BNI Via WhatsApp"


Tinggalkan Komentar Disini