Hati - Hati Modus Penipuan Pesanan Barang Secara COD

Hati - Hati Modus Penipuan Pesanan Barang Secara COD
81 view • 18 Juni 2024

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Halo sobat wirneet, Mimin akan membagikan informasi mengenai modus penipuan pesanan barang secara COD, mimin sering mendapati informasi dari sosial media terkait pesanan barang fiktif dengan mengirimkan barang secara COD, dimana kita tidak tahu kapan order dan belanja, padahal kita tidak melakukan order, tapi Anda harus berhati - hati dengan skema ini, maka dari itu kami akan mengulas kenapa bisa terjadi dan banyak tertipu.

Sebenarnya modus penipuan COD ini sudah lama, akan tetapi saat ini bertambah masif, apalagi targetnya orang - orang yang awam alias nggeh-nggeh aja saat terima barang, padahal tidak ada pesan barang sama sekali, setelah dibuka barangnya, ternyata isinya barang yang aneh - aneh dan gak jelas, yang pasti produknya jelek.

Modus penipuan ini mereka tidak menggunakan online shop marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak melainkan order layanan pihak ketiga, dimana kita di sediakan tempat untuk mengisi produk untuk di jual, dan bisa memilih jasa pengiriman, dan ini di manfaatkan oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab, berikut ini ulasahan mengenai Modus Penipuan Pesanan Barang secara COD.

 





Spam Iklan


Untuk mencara target biasanya mereka menggunakan spam iklan di sosial media seperti di instagram, facebook maupun di platform tiktok, mereka menyebarkan produk iklan misalkan celana chinos murah harga obral, nah ini tentu banyak yang tertarik, misalkan beli dengan harga 50 ribu dapet 2 piece, kemudia mereka beli melalui platform pihak ke tiga, yang bisa mengatur jumlah order dan pengiriman.

Trik ini memang tidak sepenuhnya spam iklan, ya ada juga yang mereka benar - benar jualan dengan menggunakan spam iklan di sosial media, akan tetapi ada oknum yang melakukan kejahatan melalui trik ini, mereka memanfaatkan skema cod, dimana pembeli mengisi form alamat, kode pos dan nomot telpon, dari sini mereka sudah bisa mendapatkan alamat yang bisa di jadikan target.

Anda harus jeli, jika Anda belanja lewat platform pihak ketiga yang tidak ada website resminya, maka jangan lakukan order, karena apabila ada kendala seperti produk tidak sesuai, lama sampainya atau barang tidak di kirim ini bakal sulit untuk melakukan komplen, jadi Anda harus berhati - hati apabila menemukan produk yang di iklankan di sosial media.




Kerjasama Dengan Kurir


Modus penipuan ini biasanya bekerjasama dengan pihak kurir, dimana mereka melakukan pekerjaanya dengan mengantar barang ke alamat, biasanya mereka tidak melakukan konfirmasi terlebih dahulu, melainkan sampai di titik alamat baru mereka whatsapp ke target dengan dalih ada paket, dan posisi sudah sampai di alamat, dan si kurir biasanya jika si target menolak, maka mereka akan memberikan opsi - opsi pertanyaan yang mengharuskan barang mereka terima dan bayar.

Jika Anda merasa tidak pernah order melalui layanan platform apapun, maka silakan tolak saja, dari pada Anda di rugikan, karena bisa saja Anda order online melalui pihak ketiga tetapi pembayaran Anda menggunakan transfer online, jika tidak Anda proses pembayaran dan sudah kadaluarsa, maka mereka akan mengirimkan secara COD.




Berikut Yang Harus Anda Perhatikan Saat Belanja Online


Ada beberapa yang harus Anda perhatikan saat berbelanja online : 

  1. Belanja aman, silakan pilih platform yang menyediakan rekber, seperti tokopedia, shopee, blibli dan lainnya, karena kita akan di jamin uang kembali apabila barang tidak sampai, barang tidak sesuai, barang hilang di pengiriman dan batal pembelian.
  2. Jangan lakukan pesanan barang melalui order online tanpa ada website resminya.
  3. Jangan percaya dengan iklan di sosial media dengan dalih obral murah.
  4. Jika Anda beli melalui platform sosial media, pastikan review dahulu dan cek profil penjual, apakah benar seller yang jujur dan baik, bisa saja mereka menggunakan fan page untuk menjaring target.
  5. Yang terakhir selalu berhati - hati, jangan semua apa - apa langsung di beli, silakan cek sebelum membeli.





Demikian ulasan ini kami bagikan, terima kasih telah berkunjung di blog kami, jika artikel ini bermanfaat silakan di bagikan / share, terima kasih.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Hati - Hati Modus Penipuan Pesanan Barang Secara COD"


Tinggalkan Komentar Disini