Pengalaman Belanja di Tokopedia Barang Hilang Via Kargo dan Uang Kembali 100%

Pengalaman Belanja di Tokopedia Barang Hilang Via Kargo dan Uang Kembali 100%
121 view • 21 Juli 2023

Picture by : tokopedia.com • Post by : Admin@wirneet

Berbelanja di ecommerce marketpalce atau online shop pasti memiliki pengalaman yang berbeda - beda, karena kita tidak tahu kendala dan masalah yang kita hadapi saat dilapangan maupun sistem yang di gunakan, ya mulai dari salah transfer, salah alamat, gagal transfer, barang kosong stok tersedia, barang hilang, tokonya fiktif yang punya toko nyebelin, slow respon dan masih banyak lagi.

Dari beberapa kendala diatas, mimin hampir semuanya terjadi, yang paling fatal adalah barang di katakan hilang, dan benar - benar tidak bisa di hindari, selain itu mimin paling sebel lihat marketplace toko online dimana penjualnya tidak menyesuaikan stok yang ada, kita sebagai penjual santai - santai saja saat stok tersedia berarti bisa dibeli, alih - alih stok kosong, dan akhirnya di cari kesana kemari juga stok kosong, dan itu kita sudah bayar, otomatis duit yang kita bayar pindah ke saldo jika transaksi di batalkan.

Baja juga : Cara Bayar di Tokopedia Pakai BSI Mobile

Disini mimin akan berbagi pengalaman mengenai belanja di tokopedia tentang Pengalaman Belanja di Tokopedia Barang Hilang Via Kargo dan Uang Kembali 100%.





Belanja Ditokopedia Pengiriman Via Kargo


Dihari itu mimin belanja barang, pada saat itu memang sangat di butuhkan, saya belanjaa di tokopedia dengan total pembayara 1,5 jutaan, dan barang yang sy pesan itu tidak bisa dikirim via pengiriman reguler karena mahal, alih - alih menggunakan pengiriman kargo yang lebih murah, efeknya pengiriman lama sampainya, dan pada waktu itu memang jelang akhir tahun, dimana banyak sekali promo - promo menarik di akhir tahun, maka otomatis banyak sekali kuota permintaan pengiriman.

Pada saat barang di kirim, itukan ada masa waktunya, misalkan 3 hari, 7 hari dan sebagainya, nah kebetulan barang yang di kirim ini tak kunjung tiba, terhitung sudah 10 hari, otomatis mimin komplen donk ke tokopedia care untuk menayakan hal tersebut, dapatlah informasi melalui pihak pengiriman, bahwasanya barang telah hilang, dan pada waktu itu kebetulan pengirimanya menggunakan asuransi pengiriman, dan benar langsung di proses oleh pihak tokopedia, untuk di lakukan pengembalian dana.

Dari sini kita tahu bahwa, barang yang belum sampai ketangan konsumen, maka itu hak kita masih di tanggung oleh pihak tokopedia, lain halnya kita sudah melakukan unboxing, itu kita harus mencantumkan bukti video unboxing jika produk itu bermasalah.

Setelah pihak kargo menyatakan bahwa barang itu hilang ke pihak tokopedia, maka pihak tokopedia akan mengembalikan dana sesuai transaksi dari pihak penjual dan konsumen, karena pihak penjual sudah mengeluarkan barang dan dikirim, sedangkan pembeli sudah mengeluarkan dana untuk beli produk tersebut, nah tokopedia sebagai rekber disini bertanggung jawab atas kesalahan ini.




Bagaimana Tokopedia Mengganti Barang yang Hilang Tersebut


Pihak tokopedia sudah memiliki kesepakan atau perjanjian kerjasama antara tokopedia dengan pihak logistik pengiriman, jika ada barang yang hilang atau cacat bisa di ganti rugi oleh pihak logistik dengan tokopedia, apalagi tokopedia memberikan fitur asuransi pengiriman kepada konsumennya. Asuransi pengiriman ini saya sendiri masih bertanya - tanya, apakah benar - benar nilai uangnya untuk ke biaya asuransi atau hanya numpang lewat saja, karena kita tahu bahwa pihak logistik pengiriman sudah ada kesepakatan kerjasamanya.

Berbelanja di tokopedia barang yang hilang akan di kembalikan dananya 100%, karena ini bagian dari hak - hak konsumen, jadi pihak tokopedia harus menggantinya telepas barang itu memiliki asuransi, akan tetapi tokopedia tetap menggati kerugian tersebut.




Barang Dikirim ke Alamat Setelah Barang di Nyatakan Hilang


Barang tetap dikirim ke alamat rumah, anehnya barang yang di nyatakan hilang oleh pihak kargo ternyata di kirim ke rumah, dan mimin kaget, kenapa barangnya dikirim ke alamat, usut punya usut ternyata pihak kargo tidak mengetahui bahwa barang itu sedang dikirim ke alamat, dan saya sebagai konsumen jadi bingung kenapa barangnya dikirim, padahal transaksi sudah selesai, dan akhirnya mimin lapor ke tokopedia, bahwa barangnya sudah sampai ke alamat.

Penyelesaian akhirnya pihak tokopedia menerbitkan invoice atau tagihan pembayaran ulang atas pembelian tersebut, otomatis mimin bayar kembali nilai transaksi tersebut.

Dari kejadian tersebut, sebenarnya barang tersebut sudah menjadi haknya logistik pengiriman, dimana pihak logistik sudah melakukan ganti rugi ke pihak tokopedia, nah disini ada celah, bahwa barang yang hilang dan ternayata barang dikirim ke alamat, ini menjadi hal yang bisa di akali, apabila si pembeli / konsumen tidak melapor bahwa barang tersebut sampai ke alamat, maka ini aman - aman saja, karena transaksi sudah di anggap selesai dengan kejadian hilang diatas.





Dengan adanya kejadian tersebut, bahwa tidak ada koneksi data yang akurat tentang status pengirman yang di lakukan oleh pihak kargo, karena kita tahu bahwa pengiriman itu tidak selalu menggunakan pihak satu saja, melainkan pihak ke 3, karena bisa saja pada waktu itu pengiriman sedang banyak - banyaknya.

Demikian pengalaman ini kami bagikan, Semoga menjadi pengalaman pembaca untuk lebih detail dan teliti dalam membeli barang secara online shop, Terima kasih.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Pengalaman Belanja di Tokopedia Barang Hilang Via Kargo dan Uang Kembali 100%"


Tinggalkan Komentar Disini