Apa Itu Pinjaman Syariah? Berikut ini Keuntungannya

Apa Itu Pinjaman Syariah? Berikut ini Keuntungannya
105 view • 01 Agustus 2023

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Apa Itu Pinjaman Syariah dan Keuntungannya?

Pinjaman syariah merupakan salah satu solusi yang tepat saat Anda membutuhkan dana di saat kondisi yang mendesak. Karena selain menjadi solusi saat membutuhkan dana secara mendadak, Anda juga bisa menghindari pinjaman yang memiliki bunga sehingga menimbulkan riba.

Tidak hanya itu, semua kegiatan dan transaksi di bank syariah juga menggunakan dasar akan dan hukum Islam. Sehingga Anda bisa terhindar dari transaksi yang tidak diperbolehkan oleh agama Islam.

Baca juga : Cara Mudah Transfer Dari BSI Mobile ke Bank Mandiri




Pengertian dari Pinjaman Syariah


Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan pinjaman syariah? Pinjaman syariah adalah salah satu produk yang dimiliki oleh bank syariah dan termasuk dalam kategori penyaluran dana. Tujuan dari produk bank syariah yang satu ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan nasabah, baik secara produktif maupun secara konsumtif.

Tidak hanya itu menurut OJK (Otoritas Jasa Pajak), pembiayaan dan produk bank syariah harus berdasarkan akad syariah. Bahkan, akad syariah yang digunakan harus telah dikeluarkan fatwanya DSN MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia).

Selain itu, perbankan syariah juga menerapkan imbal jasa dan semua sistem transaksi yang berlandaskan syariat agama Islam. Sehingga pinjaman di perbankan syariah seringkali disebut sebagai istilah Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Anda juga bisa lebih percaya dengan menggunakan produk pinjaman dari bank syariah tanpa perlu khawatir dengan adanya penipuan maupun penyalahgunaan uang. Hal tersebut terjadi karena semua produk pinjaman dari bank syariah telah terdaftar sekaligus diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Pajak (OJK).




Keuntungan dari Pinjaman Syariah


Setelah mengetahui tentang pengertian singkat dari pinjaman syariah, Anda juga perlu mengetahui apa saja keuntungan yang didapat dengan menggunakan produk dari bank syariah. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja keuntungan pinjaman syariah.

1. Fasilitas Produk Sama dengan Bank Konvensional

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan produk pinjaman syariah yaitu bisa mendapatkan produk sama dengan bank konvensional tanpa adanya bunga. Sehingga Anda bisa mendapatkan kualitas produk perbankan yang setara dengan pinjaman konvensional dan memiliki cara transaksi yang tidak jauh berbeda.

2. Tidak Berlaku Sistem Bunga

Kemudian, keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk pinjaman syariah yaitu karena tidak berlakunya sistem bunga. Bahkan tidak hanya bebas dari sistem bunga, produk bank syariah juga tidak dikenakan biaya administratif.

Hal tersebut terjadi karena sistem bunga dan biaya administratif dianggap sebagai riba dalam hukum Islam. Sehingga sebagai gantinya, perbankan syariah menerapkan akad lain seperti halnya akad jual-beli. Walaupun demikian, lembaga keuangan atau pihak bank syariah juga mendapatkan keuntungan dari transaksi atau produk yang digunakan oleh nasabah. Namun, cara mendapatkannya lebih halal karena adanya transaksi transparan yang di syariatkan oleh agama.





3. Proses Pencairan Lebih Mudah

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk pinjaman dari bank syariah yaitu melalui proses pencairan yang lebih mudah. Bahkan proses pencairan pinjaman di bank syariah juga tidak terlalu rumit.
Tidak hanya itu, plafon yang bisa dipilih di bank syariah juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Walaupun demikian, bank syariah juga memiliki plafon berupa KTA syariah dengan nilai yang hampir mencapai Rp100 juta.

4. Risiko lebih Minim

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan peminjaman di bank syariah yang memiliki keuntungan lebih minim risiko. Sehingga masalah keuangan Anda bisa lebih terjaga dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.
Risiko yang minim dari bank syariah jika Anda menggunakan salah satu produk perbankan ini terjadi karena kerugian ditanggung oleh lembaga keuangan. Bahkan, persentase tanggung jawab lembaga mencapai 50% dari jumlah kerugiannya.

Walaupun demikian, Anda tetap perlu membuat perhitungan yang matang terkait produk pinjaman perbankan yang akan dipilih. Sehingga proses pembayaran atau pelunasan bisa berjalan dengan lancar dan tidak melebihi waktu yang telah ditentukan.





5. Produk Perbankan yang Halal dan Sesuai Syariat Islam

Terakhir, keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan pinjaman syariah yaitu bisa menggunakan pinjaman yang halal dan sesuai syariat Islam. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika dana yang diterima merupakan uang riba ataupun uang yang melanggar hukum Islam.

Hal tersebut terjadi karena pinjaman yang dilakukan di bank syariah menggunakan sistem dasar yang dilandaskan syariat Islam. Sehingga prinsip islami tetap terjunjung tinggi dan menjamin kualitas kehalalan dari produk yang ditawarkan oleh pihak lembaga keuangan perbankan syariah.





Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan salah satu produk bank syariah yang sesuai dengan kebutuhan saat ini? Selain menggunakan produk pinjaman di bank syariah, Anda juga bisa memilih produk lainnya yang sesuai kebutuhan dan keinginan. Demikian ulasan singkat mengenai pinjaman syariah dan keuntungannya, semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Apa Itu Pinjaman Syariah? Berikut ini Keuntungannya"


Tinggalkan Komentar Disini