7 Alasan Kenapa Orang Enggan Beli Mobil Listrik

7 Alasan Kenapa Orang Enggan Beli Mobil Listrik
251 view • 21 Desember 2022

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Akhir - akhir ini mobil listrik banyak di bincangkan, pasalnya mobil yang satu ini memiliki teknologi baru, yaitu menggunakan tenaga listrik, tentu ini hal yang unik dan baru di kalangan dunia otomotif, dan orang - orangpun belum mengenal jauh tentang teknologi listrik, tenaga utamanya adalah menggunakan komponen baterai, dimana baterai tersebut menghasilkan listrik.

Baterai yang di gunakan mobil listrik adalah Lithium-ion yang memiliki daya yang cukup tinggi, transmisi yang digunakan juga berbeda, yaitu menggunakan transmisi otomatis dengan tenaga instan, berbeda dengan mobil konvensional tenaganya diambil dari sistem pembakaran dengan bahan bakar fosil yaitu bensin.

Baca juga Fakta Mobil Toyota Menguasai Pasar Indonesia

Mobil tenaga listrik memang terlihat simpel, karena tidak membutuhkan banyak komponen dalam menggerakan mobil, cukup dengan menggunakan baterai dan motor listrik sebagai penggerak rodanya, teknologi mobil listrik ini memang mulai di lirik masyarakat, akan tetapi banyak yang enggan mau beli, apa alasannya, yuk simak di bawah ini 7 Alasan Kenapa Orang Enggan Beli Mobil Listrik.





1. Harga Mobil Listrik Masih Mahal


Tren mobil listrik masih tergolong baru, karena mobil ini ditenagai dengan baterai, nah kenapa harga mobil listrik mahal, salah satunya adalah mahalnya ongkos produksi untuk pembuatan baterai, karena komponen ini merupakan komponen satu-satunya yang menghasilkan tenaga listrik untuk menyuplai ke bagian roda mobil, nah itulah kenapa harga mobil listrik saat ini masih tergolong mahal, yaitu terletak pada komponen baterainya.




2. Belum Tersedianya Stasiun Pengisian Mobil Listrik


Stasiun tempat pengisian baterai, saat ini memang belum tersedia di berbagai tempat, hanya ada di kota - kota besar tanah air saja, itupun hanya tempat - tempat tertentu saja, karena memang mobil listrik belum sebanyak mobil - mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar bensin yang mudah kita dapatkan di SPBU Pertamina maupun Eceran seperti di Pertamini dan Pertashop.




3. Teknologi Baru dalam Otomotif


Teknologi mobil listrik tergolong masih baru, walau sudah lama mobil listrik sudah banyak digunakan di luar negeri, akan tetapi di indonesia masih tergolong baru, karena beberapa belakangan ini, sudah mulai banyak yang mengkampanyekan mobil listrik. Tenaga utama pada mobil listrik adalah terletak pada komponen baterai, jadi Anda bisa menyimpulkan bahwa ada sebuah baterai yang di pasang disana, teknologi inilah yang membuat mobil listrik bisa bergerak dengan menggunakan bantuan motor listrik.




4. Sedikitnya Pengguna Mobil Listrik ketimbang Mobil Konvensional


Alasan lain yaitu sedikitnya pengguna mobil listrik, sehingga membuat banyak orang tidak tertarik, walau saat ini menjadi incaran mobil ramah lingkungan, akan tetapi belum bisa menggantikan mobil konvensional yang secara konsep memang sudah di uji dalam hal mesin dan keamanannya.

Dari jumlah pengguna mobil listrik di tanah air, terbilang sangat sedikit, nah dari sini kita tahu, bahwa peminat mobil listrik belum sepenuhnya bisa di terima oleh semua kalangan, hanya tertentu saja, karena fasilitas dan dukungan terhadap mobil listrik belum seluas mobil konvensional.




5. Komponen Mobil Listrik yang Masih Langka


Alasan selanjutnya adalah komponen mobil listrik yang belum tersedia di bengkel - bengkel, hanya terdapat di showroom mobil yang mengeluarkan, dan jika ada kendala pada mobil listrik, kita tidak bisa langsung bengkel - bengkel mobil konvensional biasa, harus datang ke daler mobil resminya, karena tidak semua bengkel mobil mengerti komponen dan sistem yang di gunakan pada mobil listrik.




6. Tidak Bisa Melakukan Perjalanan Jauh


Nah alasan selanjutnya adalah jarak tempuh yang bisa dilakukan mobil listrik, kemampuan mobil listrik dalam menempuh perjalanan jauh tergantung dengan kapasitas baterai mobil listrik yang di miliki, tentu ini menjadi hal yang krusial, pasalnya apabila terjadi kehabisan daya listri pada baterai pada saat di perjalanan ini akan menghambat kita, otomatis kita mencari tempat carger buat isi baterai, berbeda dengan mobil konvensional, kita hanya perlu mengisi bahan bakar di pom bensin pada saat bbm sudah mulai rest / habis.

Nah okelah kalau mobil listriknya bisa mencapai jarak tempuh maksimal 300 - 400 km, tapi perlu Anda ketahui bahwa, mobil listrik yang memiliki jarak tempuh tersebut sangat mahal sekali, sepertinya mobil listrik belum bisa dijadikan sebagai moda transportasi jarak jauh, di karenakan jarak tempuh yang terbatas, dan memang belum tersedianya fasilitas carger di setiap jalan.




7. Pengisian Baterai Terlalu Lama


Alasan yang terakhir adalah pengisian baterai terlalu lama, nah ini menjadi alasan juga kenapa orang - orang enggan membeli mobil listrik, kita tahu bahwa kebutuhan mobil itu bisa di gunakan secara cepat dan langsung bis di kendarai, tidak harus menunggu waktu berjam - jam untuk bisa berpergian.

Okelah saat ini ada teknologi fast charging, bisa di terapkan pada mobil listrik, layaknya HP yang memiliki adaptar fast charging dalam hitungan menit, akan tetapi itu tidak mudah untuk di terapkan pada mobil listrik, karena memang konsumsi dan volume dari baterai mobil itu cukup besar, belum lagi jika terjadi masalah pada suhu baterai, ini akan mengakibatkan baterai bisa terbakar.





Demikian ulasan ini kami bagikan, kedapanya mungkin kita akan membahas tentang kelebihan dari mobil listrik, terima kasih telah berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "7 Alasan Kenapa Orang Enggan Beli Mobil Listrik"


Tinggalkan Komentar Disini