Cara Aman Melindungi Data di HP Anda

Cara Aman Melindungi Data di HP Anda
213 view • 24 Juli 2023

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Mengamankan data atau menjaga data agar tidak hilang merupakan hal penting di HP Anda, pasalnya saat ini orang - orang di luar sana banyak sekali ingin membobol dan menucuri data untuk disalahgunakan, misalkan saja data akun facebook Anda di retas untuk dijadikan sebagai tempat promosi atau digunakan sebagai akun penipuan misalkan pinjaman dan lain sebagainya.

Kita sebagai pengguna smartphone harus benar - benar pintar, misalkan pengaturan aplikasi, pengaturan account user, password, pengaturan face id, pengaturan kunci layar dan sebagainya, karena pengaturan - pengaturan tersebut menjadi salah satu pengamanan awal agar tidak mudah di akses oleh orang lain.

Baca juga : Cara Batasi Backup Data iCloud di iPhone

Smartphone menjadi salah satu perangkat untuk menyimpan data berupa data teks, gambar dan berbagai file ada disana, dari data tersebut kita simpan didalam HP, bahkan data - data penting ada disana juga, jadi bagaimana Cara Aman Melindungi Data di HP Anda, yuk simak tipsnya dibawah ini.





Backup Data


Backup data sudah menjadi pilihan paling penting dalam fitur di smartphone sekarang ini, apa jadinya jika hilang data gara - gara HP rusak, itu sangat menyebalkan, karena didalamnya ada data berupa kontak, pesan, file, gambar dan lain sebagainya. Kebutuhan gambar dan file - file bisa dilakukan meggunakan memory penyimpanan eksternal, yang memungkinkan kita bisa lebih mudah melakukan penyimpanan.

Di iPhone sendiri firur backup sudah di tangani oleh iCloud, kita bisa menyimpannya disana, bahkan sampai aplikasi - aplikasi yang kita install bisa kita backup datanya di iCloud, akan tetapi pihak Apple memberingkan ruang gratis hanya sampai dengan 5GB, kita bisa melakukan upgrade lebih besar di iCloud dengan menambahkan biaya bulanan 45.000 /bln berkapasitas 200GB.

Jadi pastikan HP Anda bisa melakukan backup secara otomatis, agar sewaktu - waktu ada masalah dengan smartphone kita, maka kita lebih mudah mengembalikan datanya, hanya dengan menggunakan account backup yang kita gunakan.




Gunakan Account Email


Setiap smarthphone diberikan akses untuk menambahkan account id yang ada di HP, biasanya menggunakan akun gmail jika menggunakan di Android, jika di iOS atau iPhone menggunakan akun iCloud, sebenarnya kita bisa tidak menggunakan account email, akan tetapi kita tidak bisa melakukan penyimpanan data secara penuh, karena untuk penyimpanan data secara cloud harus menggunakan  id account berupa email, jadi menggunakan account email menjadi keharusan, agar data - data kita aman.




Gunakan Password yang Aman


Penggunaan pasword account yang aman ini menjadi salah satu pengamanan penting, misalkan Anda menggunakan smartphone Android, maka otomatis Anda menggunakan account gmailnya Google, nah biasanya smartphone Android menggunakan email gmail sebagai id account di HP Anda, terkadang masalah password menjadi serius bagi Google, karena saat ini Google memberikan himbauan pergantian password secara rutin, pasalnya kita atau saya sulit untuk mengganti password yang lama ke yang baru, karena takut lupa, karena sudah terbiasa password yang lama.

Sebagai tambahan yang perlu Anda ketahui, jika Anda tidak ingin merubah password lama ke yang baru, yang perlu Anda tekankan adalah gunkan password menggunakan kombinasi hurup, angka dan kapital, agar sulit di tebak oleh orang lain.




Pengamanaan Kunci


Fitur pengamanan kunci di smartphone saat ini sudah canggih, mulai dari penggunaan face id, finger id, pin dan sampai penggunaan scan mata, ini membuktikan bahwa pengamanan di awal cukup berlapis, jadi tidak bisa orang lain mengakses sembarangan, penggunaan pin juga bisa menjadi salah satu pilihan alternatif pengamanan kunci yang cukup bisa di bilang sangat aman, karena memakai nilai angka.

Apakah penggunaan pengamanan kunci dalam melindungi data bisa diterapkan? Jawabanya sangat bisa, dan dianjurkan, karena kita memiliki proteksi terhadap data yang kita gunakan.




Kemanan Aplikasi yang Digunakan


Pembahasan terakhir adalah tentang penggunaan aplikasi, untuk melakukan instalasi aplikasi misalkan facebook, atau aplikasi lainnya kita harus menggunakan instalasi aplikasi official, biasanya kita install melalui Google play bagi pengguna smartphone android, sedangkan di iOS melalui App Store Apple, tujuannya adalah untuk melindungi data Anda dari serangan malware, malware sendiri itu apa sih, malware murupakan perangkat lunak atau sistem yang di rancang untuk melakukan akses tidak sah.

Hindari install aplikasi selain dari sumber officialnya, karena install aplikasi tidak dari sumbernya itu tidak melalui penyaringan informasi tentang aplikasi tersebut, bisa saja aplikasi yang kita install itu berupa malware yang bisa mengambil data - data yang ada di HP kita, misalkan data password, gambar, lokasi dan sebagainya. Nah jadi hindari aplikasi - aplikasi third party yang tidak melalui dari sumber officialnnya.





Apalagi saat ini marak sekali penyebaran aplikasi melalui jejaring sosial media, dengan melakukan install sembarangan yang mengakibatkan data Anda diketahui orang lain, ini biasanya disebut fishing, yaitu memancing orang dengan melakukan install dengan verifikasi menggunakan user dan password, dengan tampilan mirip dari officialnya untuk mengelabui targetnya, ini sering sekali terjadi, maka hindari hal - hal seperti ini, agar data Anda aman.





Demikian tips dan trik ini kami bagikan, Terima kasih juga sudah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Cara Aman Melindungi Data di HP Anda"


Tinggalkan Komentar Disini