Bayar Pakai Dompet Digital Kekinian, Amankah?

Bayar Pakai Dompet Digital Kekinian, Amankah?
148 view • 16 November 2022

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Halo sobat, Tahu gak kalau Digital Payment sekarang ini menjadi pilihan banyak orang melakukan transaksi untuk berbagai pembayaran maupun tempat menyimpan uang secara online, Iya memang benar sekali, saat ini kenyataanya banyak sekali berbagai merchant memfasilitasi pembayaran secara digital, seperti toko online, parking, minimarket, marketplace dan bahkan offline sekalipun.

Mengapa orang-orang banyak beralih ke digital payment, alasanya adalah sangat simpel dan mudah di gunakan secara cashless, tidak hanya itu, dompet digital saat ini juga bisa di koneksikan dengan akun bank untuk kebutuhan top up, sehingga sangat mudah untuk melakukan transaksi.

Secara konsep sama saja kita menggunakan dompet, hanya saja kita menggunakanya secara digital, beda halnya dengan dompet kita yang mengharuskan ada nilai tunai untuk melakukan pembayaran, bedanya kalau digital, saldo kita di simpan dalam bentuk angka digital yang tidak bisa di lihat secara kasap mata, akan tetapi bisa digunakan untuk melakukan transaksi.





Dompet Digital Amankah?


Apakah penggunaan dompet digital aman saat bertransaksi? Jawabanya Aman, karena saat akan melakukan transaksi baik itu pembayaran, transfer, top up semua membutuhkan yang namanya verfikasi sebelum di proses, yang paling sering adalah penggunaan PIN, Kode OTP maupun touch ID, hal ini untuk mencegah transaksi - transaksi yang tidak di inginkan.

Sebagai contoh, kita akan membeli sebuah produk di marketplace, kemudian kita pembayaranya menggunakan dompet digital misalkan Gopay, nah pada saat akan melakukan pembayaran, maka kita akan di hadapkan untuk melakukan verifikasi PIN terlebih dahulu, jika tidak maka proses pembayaran tidak bisa di teruskan.




Menyimpan Uang di Dompet Digital Amankah?


Mungkin sebagian dari Anda bertanya - tanya, apakah menyimpan uang di dompet digital aman? Jawabannya Aman, akan tetapi ada beberap alasan yang harus Anda cermati, karena yang namanya dompet itu pasti bukan tempat penyimpanan nilai yang besar, artinya Anda bisa menggunakan dompet digital dengan saldo yang sewajarnya saja.

Setiap transaksi yang di lakukan melalui dompet digital saat ini di awasi oleh Bank Indonesia dan Kominfo, penggunaan dompet digital bisa Anda gunakan untuk keperluan sehari - hari, untuk keperluan transfer dan pembayaran dalam jumlah banyak, Anda bisa menggunakan mobile banking atau Anda bisa langsung datang ke Bank yang Anda miliki.




Keamanan pakai Dompet Digital


Sistem dirancang pastinya untuk memudahkan dan aman digunakan, akan tetapi banyak diluar sana orang - orang yang pintar yang ingin mencoba melakukan pembobolan / pencurian dengan berbagai trik, seperti melalui email, vrifikasi nomor hp, pemalsuan data dan lain - lain. Kita sebagai pengguna dompet digital juga harus berhati - hati dan teliti saat bertransaksi menggunakan dompet digital, karena bisa saja transaksi yang kita lakukan bisa merugikan kita sendiri dan orang lain.





Nah sobat, itulah tadi beberapa pemaparan dari  kami, berdasarkan pengalaman dalam menggunakan dompet digital, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat, terima kasih.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Bayar Pakai Dompet Digital Kekinian, Amankah?"


Tinggalkan Komentar Disini