Baterai Motor Yamaha Vixion Tiba - Tiba Ngedrop, Lampu Indikator Kelistrikan Menyala

Baterai Motor Yamaha Vixion Tiba - Tiba Ngedrop, Lampu Indikator Kelistrikan Menyala
60 view • 15 Juni 2024

Picture by : wirneet.com • Post by : Admin@wirneet

Halo sobat pengguna motor yamaha, kali ini mimin akan berbagi pengalaman terkait baterai motor yamaha vixion tiba - tiba drop dan lampu indikator menyala, yuk sima kejadianya dan bagaimana solusinya. Pada waktu itu motor berjalan dengan normal, riding mode standar tidak ada gas yang over saat melintasi dijalanan, akan tetapi muncul warning lampu kelistrikan menyala hilang timbul, pada saat lampu bagian depan di matikan kondisi indikator lampu normal lagi, akan tetapi tidak berlangsung lama muncul lagi warning lampu kelistrikan.

Setiba di jalan motor mulai brebet - brebet akibat kelistrikan bermasalah, sehingga baterai drop untung saja bisa sampai di rumah, akan tetapi pada saat di jalan motor sudah brebet - brebet seperti mati hidup mati hidup. Setelah itu saya periksa sendiri dirumah, dengan melihat kabel - kabel dan kondisi baterai, selanjutnya saya lakukan ganti baterai original yamaha, saya pasang baterai baru.

Baca juga Solusi Perbaikan Suara CVT Mio Sporty Berisik dan Klotok - Klotok

Setelah pergantian baterai motor vixion, semua kembali normal, dan ke-esokan harinya bermasalah lagi, kasusnya sama seperti yang di atas, muncul warning lampu kelistrikan, dan brebet - brebet kembali, alhasil saya cari bengkel untuk perbaikan secara menyeluruh, berikut ini solusi Baterai Motor Yamaha Vixion Tiba - tiba Ngerdrop, Lampu Indikator Kelistrikan Menyala.





Cek Spul Yamaha Vixion


Pertama sekali cek pada bagian komponen spul yamaha vixion, step ini mengharuskan bongkar pada bagian mesin, apakah bermasalah pada sepulnya, bisa saja sudah rusak atau terbakar, sehingga mengganggu kelistrikan motor, setelah di cek komponen sepul masih berfungsi dengan baik dengan menggunakan multimeter.

spul vixion




Cek Komponen Kiprok


Setelah pengecekan bagian spul normal, kita cek selanjutnya pada bagian Kiprok, posisi kiprok ada pada bagian bawah jok motor sebelah kiri, komponen in juga menjadi salah satu faktor penyebab masalah kelistrikan pada baterai, akan tetapi ini tidak sampai mengganggu indikator listrik menyala, akan tetapi kita cek juga, setelah di cek kondisi kiprok bagus, karena memang mimin belum lama ganti kiprok asli yamaha vixion.




Cek Perkabelan


Selanjutnya cek pengkabelan pada bagian lampu - lampu, apakah ada bermasalah dengan kabel, ternyata normal dan tidak ada masalah, kondisi motor vixion yang mimin gunakan adalah Yamaha Vixion Old 2011, sebelumnya juga mimin ganti bolham depan / menjadi lampu led, agar penggunaan listrik bisa hemat, akan tetapi tetap juga bermasalah dengan munculnya warning lampu indikator kelistrikan.




Cek Kelistrikan Menggunakan Tools Scan Kelistrikan


Setelah beberapa rangkaian pengecekan, maka kita akan cek bagian kelistrikan menggunakan alat tools scan elektronik yamahan vixion, pada saat di scan ada masalah di kelistrikan yang tidak berjalan, mimin lupa apa saja yang bermasalah pada saat itu, jumlah kerusakanya di temukan ada 5, dan masalah inilah yang terjadi pada motor brebet - brebet dan lampu indikator kelistrikan menyala, kemudian sama mekaniknya di lakukan reset, dan ternayata resetnya berhasil, jika resetnya tidak berhasil, maka ada kabel yang bermasalah atau shot, setelah di lakukan reset komponen elektroniknya yang bemasalah, begitu dinyalakan semuanya berjalan normal hingga sekarang.




Penyebab Kelistrikan Motor Yamaha Vixion Bermasalah


Penyebab salah satu masalah mengapa kelistrik motor yamaha vixion muncul lampu indikator warning pada kelistrikan, ini ada kaitannya dengan kondisi baterai motor kita, dimana delivery voltase tidak bisa memberikan sinyal pada sistem ecu, karena sistem mendeteksi off, selain itu penggunaan part - part komponen seperti kabel yang tidak asli, menyebabkan shot dan mendetiksi pada sistem pengkabelan pada komponen off.

Setelah banyaknya sistem mendeteksi off, dan menyebabkan sistem yang lain terganggu, maka mengakibatkan motor tidak berjalan dengan sempurna, karena ada kelistrikan yang di anggap mati, atau tegangan voltase pada kelistrikan tidak stabil, maka muncul warning indekator kelistrikan, nah dari sini kita paham bahwa motor yamaha vixion memiliki kesensitipan terhadap baterai motor yang sudah low baterai, mengakibatkan motor bermasalah.





Demikian ulasan ini kami bagikan, Jangan lupa bagikan artikel ini jika menarik dan bermanfaat, terima kasih juga telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Baterai Motor Yamaha Vixion Tiba - Tiba Ngedrop, Lampu Indikator Kelistrikan Menyala"


Tinggalkan Komentar Disini