Pilih Youtube atau Blog untuk Cari Cuan di Internet

Pilih Youtube atau Blog untuk Cari Cuan di Internet
98 view • 11 November 2022

Picture by : freepik.com • Post by : [email protected]

Cari duit di lewat internet belakangan ini menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mendapatkan penghasilan sampingan, tidak hanya sampingan, kebanyakan menjadi salah satu sumber penghasilan utama, karena kita tahu bahwa di dunia konten kreatif baik itu blog maupun video youtube sama-sama bisa menghasilkan cuan.

Nah mungkin sebagian dari Anda penasarankan, karena tidak sedikit seorang blogger maupun youtuber bisa memiliki pendapatan jutaan hingga puluhan juta dalam satu bulannya, itu tidak terlepas dari dunia internet saat ini, salah satunya adalah platform konten blog dan youtube.

Mendapatkan penghasilan lewat dunia internet tentunya tidak mudah, Anda harus tahu tentang internet, dunia komputer dan gadget. Internet menjadi salah satu penyedia layanan yang bisa terkoneksi satu sama lainnya secara online tanpa ada batasan.

Sebenarnya pilih mana sih antara Yutube dan Blog untuk Cari Cuan di Internet, simak dibawah ini ulasannya.




Konten Youtube


Tahu gak, jika kita menonton video di platform youtube, pada saat video akan di putar, maka kita sering mendapati sebuah tayangan iklan terlebih dahulu, nah ini merupakan salah satu bisnis jasa iklan dari Google, dimana pemiliki channel atau video akan mendapatkan bagi hasil dari tayangan tersebut, nah ini sering di sebut dengan Google AdSense.

Anda bisa membuat konten kreatif berupa video, yang nantinya bisa di upload atau di publikasikan di laman youtube, dengan menambahkan sebuah channel, agar video Anda bisa di tonton banyak orang di dunia. Anda bisa membuat channel melalui akun gmain Anda di youtube, Silakan buka youtube di browser, kemudian silakan tap Akun profile youtube > Pilih Settings > Add or manage your channel(s), kemudian silakan ketikan nama channelnya.

Membangun konten youtube memang tidak mudah, harus memiliki kemampuan atau keahlian dalam melakukan ambil video, kemudian kita di tuntut untuk bisa membuat video yang menarik, agar nantinya video yang kita publikasikan mendapatkan respon yang baik dari pengunjung. Video menarik juga belum tentu bisa diterima pengunjung, agar lebih baik, maka kita edit video, dengan menambahkan intro, backsound dan animasi yang menarik.



Membuat konten video di platform youtube, kita harus memiliki perangkat kamera, paling tidak Anda memilliki sebuah smartphone dengan kamera yang cukup baik, agar kualitas video yang di hasilkan enak di tonton.

Persyaratan monetisasi channel youtube memang cukup berat, pasalnya Anda harus memiliki 1000 subscriber dan jam tayang sebanyak 4000 jam selama dalam satu tahun di akumulasi dari sekarang. Terkadang memang ada yang mudah dan ada juga yang sulit untuk bisa di monetisasi, bisa jadi dari penngunjung yang datang tidak melakukan subscribe, hanya menonton saja.

Penghasilan di youtube memang cukup menjanjikan, dengan 1000 subsriber dengan jam tayang 1500 dalam sehari, ini bisa menghasilkan sebesar 30 hingga 50K, tergantung dengan niche youtube yang Anda bangun.


Blogger


Menjadi seorang blogger bisa di jadikan sebagai alternatif untuk mengisi waktu luang kita, karena blogger itu identik dengan menulis, nah seperti saya saat ini sedang memulai menulis, berdasarkan pengalaman sendiri dan teman-teman sekeliling kita. Menulis memang tidak semua orang bisa, akan tetapi menulis itu bisa dimulai dengan perlahan - lahan, agar kita terbiasa menyusun sebuah kalimat yang menarik dan bisa di baca oleng orang lain.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah, apakah menjadi seorang blogger bisa menghasilkan cuan? tentu sangat bisa, karena tidak berbeda jauh dengan youtube, yaitu sama - sama menggunakan platform Google AdSense.

Apa sih platform yang digunakan seorang blogger? Salah satunya Anda bisa mengguankan blogspot dari Google, Wordpress dan Website blog dengan menggunakan hosting berbayar setiap bulannya, jika Anda ingin menggunakan yang gratisan, Anda cukup dengan menggunakan blogspot dan wordpress yang bisa di koneksikan dengan domain.

Baca juga Kesalahan yang Sering di Lakukan oleh Seorang Blogger



Menjadi seorang blogger apakah bisa menghasilkan duit, tentu bisa, Anda harus mendaftarkan nama blog atau website Anda ke Google AdSense, dengan syarat artikel yang ada di blog Anda sudah terindeks di google dan memiliki trafik, jumlah trafik ini biasanya tidak di tentukan, dengan jumlah artikel sebanyak 20 - 30 artikel, dengan trafik 20 view perhari sudah bisa dilakukan pengajuan, atau minimal blog Anda sudah berumur 3 - 6 bulan, dan bahkan ada blog atau website umur 3 mingguan di terima oleh Google AdSense, yang pastinya konten yang Anda buat tidak melanggar, seperti plagiat (copy paste dari blog orang lain), konten replicated dan konten dewasa.



Pilih youtube atau blogger itu ada plus minusnya, tergantung minat kita dalam menjalankannya, karena konten di youtube dan blog sama - sama harus konsisten dalam membangun konten, jadi tidak bisa hanya beberapa konten saja, harus selalu di update, baik itu harian maupun mingguan.

Jika Anda lebih memilih keduanya, maka Anda harus lebih ekstra membagi waktu dalam membuat konten, sehingga konten yang kita buat itu sama - sama berkembang, jadi tidak monoton di konten youtube saja. Anda bisa mengisi luang dengan menulis.

Demikian artikel ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga tulisan ini bermanfaat.





Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "Pilih Youtube atau Blog untuk Cari Cuan di Internet"


Tinggalkan Komentar Disini