Apa itu Financial Statement? Berikut ini Penjelasan Lengkapnya

Apa itu Financial Statement? Berikut ini Penjelasan Lengkapnya
352 view • 31 Agustus 2023

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Masih banyak yang ternyata belum paham tentang Apa itu financial statement. Financial Statement, atau Laporan Keuangan, adalah sebuah laporan yang berisi informasi penting tentang aspek keuangan suatu perusahaan atau entitas bisnis. Laporan ini adalah alat kunci dalam mengukur kesehatan finansial dan performa keuangan perusahaan. 

Mengapa Financial Statement Penting?

Apa itu financial statement adalah sesuatu yang penting untuk diketahui terkait dengan hasil dari berbagai kegiatan transaksi data keuangan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa financial statement itu sangat penting:





Mengapa Financial Statement Penting?


Apa itu financial statement adalah sesuatu yang penting untuk diketahui. Berikut adalah beberapa alasan mengapa financial statement itu sangat penting:

1. Evaluasi Kinerja Keuangan
Salah satu tujuan utama Financial Statement adalah untuk memberikan gambaran tentang bagaimana kondisi keuangan suatu perusahaan telah berkinerja selama periode tertentu. Hal ini mencakup laba atau rugi yang dihasilkan dan apakah perusahaan tersebut menghasilkan arus kas yang cukup untuk beroperasi secara efisien.

2. Pengambilan Keputusan
Hal yang membuat financial statement sangat penting berikutnya adalah sebagai alat penting bagi manajer, investor, dan kreditur. Manajer perusahaan menggunakan laporan ini untuk mengevaluasi efektivitas strategi bisnis mereka. Investor menggunakan Apa itu financial statement  untuk membuat keputusan investasi yang cerdas. Sedang kreditur menggunakan laporan ini untuk menilai risiko kredit yang mungkin terkait dengan perusahaan.

3. Kepatuhan Regulasi
Setiap perusahaan diwajibkan untuk menyusun Financial Statement sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Hal ini adalah langkah penting untuk mematuhi peraturan perpajakan dan peraturan lainnya. Penyajian informasi yang akurat dan tepat waktu adalah kunci dalam menjaga kepatuhan hukum.




Komponen Utama Financial Statement


Setelah anda mengetahui Apa itu financial statement dan mengapa financial statement itu penting, selanjutnya juga perlu mengetahui Apa saja komponen utama dari financial statement tersebut:

1. Laporan Laba Rugi (Income Statement)
Laporan Laba Rugi, atau Income Statement, adalah salah satu komponen utama Financial Statement. Laporan ini akan mencatat semua pendapatan dan biaya selama periode tertentu, biasanya dalam rentang waktu beberapa bulan atau bahkan tahunan. Hasil akhirnya adalah laba bersih atau kerugian bersih selama periode tersebut.

2. Neraca (Balance Sheet)
Perlu Anda ketahui bahwa neraca adalah komponen kedua dari Financial Statement. Neraca akan memberikan gambaran tentang aset, liabilitas, dan ekuitas suatu perusahaan pada titik waktu tertentu. Neraca membantu dalam menilai kekayaan bersih dan stabilitas finansial perusahaan.

3. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)
Laporan Arus Kas, atau Cash Flow Statement merupakan komponen penting ketiga dari Financial Statement. Laporan ini berfungsi untuk melacak aliran uang masuk dan keluar selama periode tertentu. Laporan ini sangat penting untuk mengevaluasi kemampuan perusahaan dalam menghasilkan uang tunai dan membayar kewajibannya.




Bagaimana Membaca Financial Statement


Selanjutnya setelah mengetahui Apa itu financial statement, Anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara membaca financial statement terutama jika ada bekerja di sebuah perusahaan atau memiliki perusahaan:

1. Analisis Rasio
Untuk bisa membaca financial statement, Anda harus menggunakan analisis rasio. Analisis rasio adalah cara yang umum yang sering digunakan untuk membaca Financial Statement. Hal ini akan melibatkan perbandingan berbagai angka dalam laporan untuk mengungkapkan informasi penting. Contoh rasio yang umum digunakan dalam perusahaan adalah termasuk Rasio Utang Terhadap Ekuitas, Rasio Lancar, dan Rasio Laba Bersih terhadap Penjualan.

2. Tren Historis
Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk membaca financial statement adalah dengan melihat pada tren historis. Mengamati tren historis bisa menjadi langkah penting dalam memahami kinerja perusahaan. Ketika membaca tren historis, nantinya akan melibatkan perbandingan laporan keuangan dari beberapa periode berbeda untuk melihat apakah perusahaan tersebut berkembang atau justru mengalami masalah.

3. Perbandingan dengan Industri
Cara berikutnya yang juga bisa dilakukan adalah dengan membandingkan Financial Statement perusahaan dengan perusahaan sejenis dalam industri yang sama. Hal ini dapat memberikan wawasan berharga bagi sebuah perusahaan. Melakukan perbandingan dengan industri lain, hal ini dapat membantu suatu perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan relatif perusahaan dalam konteks industri.




Kunci dalam Menyusun Financial Statement


Bagi sebuah perusahaan, memiliki financial statement merupakan hal yang sangat penting. Untuk menyusun financial statement dibutuhkan beberapa langkah diantaranya:

1. Akuntansi yang Tepat
Kunci pertama dalam menyusun Financial Statement yang akurat adalah akuntansi yang tepat. Semua transaksi keuangan harus dicatat dengan benar dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku.

2. Dokumentasi yang Baik
Hal penting berikutnya yang juga tidak boleh dilewatkan saat akan menyusun financial statement adalah menyiapkan setiap dokumen yang diperlukan. Penting untuk memiliki dokumentasi yang kuat untuk mendukung angka-angka dalam Financial Statement. Hal ini mencakup faktur, kwitansi, dan catatan keuangan lainnya yang bisa digunakan sebagai dokumentasi.

3. Profesionalisme
Hal berikutnya yang juga menjadi langkah penting dalam menyusun laporan keuangan ini adalah profesionalisme. Seringkali, perusahaan mengandalkan profesional akuntansi untuk menyusun Financial Statement mereka. Dengan menggunakan layanan ahli dalam bidang ini tentu dapat membantu memastikan bahwa laporan tersebut disusun dengan benar dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.





Financial Statement adalah alat penting dalam dunia bisnis dan keuangan yang memberikan gambaran menyeluruh tentang kesehatan finansial suatu perusahaan atau entitas. Memahami apa itu Financial Statement adalah langkah penting dalam mengambil keputusan bisnis yang cerdas dan mengelola keuangan secara efisien. Semoga informasi ini bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Apa itu Financial Statement? Berikut ini Penjelasan Lengkapnya"


Tinggalkan Komentar Disini