Tips Menjaga Hosting dan File Website Tetap Aman

Tips Menjaga Hosting dan File Website Tetap Aman
701 view • 12 Desember 2021

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Baru - baru ini di tanah air di hebohkan dengan terbakarnya gedung cyber yang ada di Jl. Kunangan, Mapang Prapatan, gedung cyber tersebut merupakan salah satu pusat data center atau markas sebuah database server dari berbagai layanan dan aplikasi di Indonesia, hampir seluruh layanan web hosting dan aplikasi di Indonesia menempatkan database servernya disana.

Nah kenapa ditempatkan di gedung cyber? karena gedung cyber merupakan tempat layanan jasa data center yang bisa di akses selama 24 jam secara terus menerus, melalui rekanan baik itu dari perusahaan maupun jasa webhosting.

Baca juga Apa itu Data Center

Adanya dengan kejadian force majeure yang di akibatkan kebakaran di gedung cyber, sehingga akses data dan jaringan internet yang menuju data center gedung cyber down, membuat banyak situs dan aplikasi tidak dapat diakses, Berikut dibawah ini Tips Menjaga Hosting dan File Website Tetap Aman.

 





1. Backup Data


Tips aman pertama adalah backup data web hosting Anda secara manual, walaupun pihak jasa web hosting juga menyediakan backup, akan tetapi backup manual menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat, kita tidak tahu kedepannya bagaimana dan apa yang terjadi, dan terbukti gedung cyber yang memiliki keamanan dan akses jaringan yang baik bisa terjadi kebakaran, nah mimin sarankan agar backup data web Anda secara berkala, minimal 2 hari sekali sudah lebih dari cukup.

Jika Anda terlalu sibuk untuk melakukan pekerjaan tersebut, Anda bisa mengaktifkan backup otomatis melalui fitur cronjob yang ada di cpanel, untuk dapat melakukan backup database secara otomatis.




2. Hosting Cadangan


Tips selanjutnya Anda bisa juga melakukan set up hosting cadangan, yang bisa membackup akses web hosting Anda, nah tips ini harus menambah gojek kantong Anda untuk membuat hosting cadangan yang di tempatkan di data center lain di Indonesia atau Anda bisa menempatakan di luar negeri seperti Singapore atau USA, sehingga jika ada kendala pada hosting utama, Anda bisa melakukan recovery akses sementara kesana.




3. Tempat Hosting Kredibel


Salah satu satu pendukung web hosting  Anda tetap aman adalah dari penyedia jasa hosting itu sendiri, mulai dari akses internet, lokasi server, akses web dan backup data yang di tawarkan oleh mereka, dimana ini sangat membantu kita dalam mengamankan hosting dan file website dari hal - hal yang tidak terduga.

Memilih Web Hosting Luar atau Lokal juga menentukan website Anda tetap aman, apabila terjadi kendala dan masalah pada web hosting Anda, maka tidak kena imbasnya. Tempat hosting kredibel biasanya memiliki data center yang bagus pula, dan harga yang di tawarkan juga lebih mahal, yang pastinya data web hosting Anda akan tetap aman.

 





Kejadian yang tidak terduga itu bisa saja datang, akan tetapi Anda harus meminimalisir kerugian, paling tidak Anda bisa melakukan backup data harian secara manual, karena ini sangat membantu Anda jika terjadi masalah dengan data center yang digunakan. Demikian ulasan ini kami bagikan, terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Tips Menjaga Hosting dan File Website Tetap Aman"


Tinggalkan Komentar Disini