Teknologi AI dan Manfaatnya di Dunia Pekerjaan

Teknologi AI dan Manfaatnya di Dunia Pekerjaan
174 view • 01 Juni 2022

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Ngomongin AI atau sering di sebut dengan kecerdasan buatan atau bahasa kerennya adalah Artificial Intelligence, dimana sebuah sistem atau alat yang bisa memberikan informasi kepada kita dengan beberapa input / masukan berupa nilai angka, gambar suara dan lain sebagainya . Apa sih yang melatar belakangin sehingga terjadinya sebuah kecerdasan buatan, ya tentu pasti kebutuhan sebuah pekerjaan yang bisa memudahkan manusia dengan bantuan sebuah teknologi.

Teknologi kecerdasan buatan biasanya identik dengan sebuah program yang berjalan di sebuah komputer maupun alat elektronik, tentu ini tidak terlepas dari peran manusia dalam menciptkan sebuah piranti perangkat lunak untuk dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan.

Saat ini sudah banyak pekerjaan yang dilakukan oleh mesin contohnya saja perusahaan pabrik buah apple, contohnya untuk memilih / sortir buah yang berkualitas, jika di lakukan secara manual, maka ini  pekerjaan yang sangat melelahkan, nah dengan sebuah alat atau perangkat dengan bantuan AI maka hal ini bisa di permudah, dengan memanfaatkan sebuah kamera.

Contoh AI tidak hanya di gunakan di perusahaan - perusahaan maju, akan tetapi sudah banyak di terapkan di smartphone, contohnya saja seperti Siri (iOS) atau Google Assistan di Android, kemudian sistem unlock dengan menggunakan face id, dengan mencocokan bentuk wajah kita, jadi pada saat orang lain akan menggunakan smartphone kita, maka tidak bisa digunakan, melainkan harus di unlock dengan face id pemiliknya.

Berikut dibawah ini 5 manfaat teknologi AI / Kecerdasan Buatan di dunia pekerjaan.





1. Sistematis dan Akurat


Pekerjaan yang di lakukan dengan bantuan teknologi AI (Artificial Intelligence) sudah barang tentu melewati fase uji coba, baik itu perangkat lunak maupun perangkat kerasnya, akurasi memang tidak sepenuhnya 100%, akan tetapi dengan mendekati 100% dalam sistem AI sangatlah berpengaruh terhadap apa yang di kerjakan, dengan berbagai pengujian bahwa sistem yang di buat bisa dilakukan secara sistematis dan akurat.

Jika kita menggunakan perhitungan manual, dalam mengerjakan pekerjaan, maka hal ini bisa terjadi kesalahan, membuat hasil tidak akurat, maka dengan pennggunaan sistem AI bisa mengurangi kesalahan yang terjadi di lapangan.




2. Pengerjaan Lebih Cepat


Penggunaan sistem AI dalam menangani pekerjaan akan lebih cepat, karena sistem tidak mengenal jam istrahat dan makan minum, kenapa? ya benar, karena sistem AI biasanya dalam bentuk perangkat lunak dan perangat keras, sehingga memiliki waktu pengerjaan yang lebih cepat dan tepat, karena setiap pengerjaan sudah di tentukan waktunya.




3. Tidak Kenal Waktu


Selain pengerjaan lebih cepat, sistem AI tidak kenal dengan waktu kerja, selagi sistem masih bisa berjalan, maka semuanya bisa di proses, mengapa tidak kenal waktu, karena AI diciptakan untuk mengerjakan pekerjaan secara otomatis sepanjang hari tanpa terkendala dengan waktu.

Secara tidak langsung bahwa dengan adanya bantuan AI, membuat hasil kerjaan lebih produktif, karena semuanya sudah dikerjakan dengan mesin, bahkan sistem AI bisa menentukan kapan harus stop dan bekerja kembali.




4. Meningkatkan Produksi


Sudah barang tentu akan menjadi perhatian bagi perusahaan yang menginginkan pekerjaanya dibantu oleh sistem AI, karena bisa meningkatkan produksi dua kali lipat dalam pengerjaannya, dengan pengendalian mutu (Quality Control) yang lebih baik tentunya. 




5. Teknologi Canggih


Menggunakan teknologi canggih dengan menerapkan AI (Artificial Intelligence) tentu tidak mudah, dibalik kecanggihannya pasti banyak sekali resource yang di perlukan, dan pengerjaanya juga tidak mudah, harus melakukan riset terlebih dahulu. Secara gamblang mungkin mudah sekali ya, jika kita menggunakan manusia untuk menentukan warna apple yang sudah masak itu warnya merah, nah di sistem AI sendiri tidak bisa dilakukan secara langsung, harus di perkenalkan dan diajari terlebih dahulu objek apa yang akan di maksud.

Dalam pembuatan teknologi canggih dengan menerapkan AI di dalamnya tentu tidak mudah dan murah, karena sifatnya memang dilakukan menggunakan mesin learning yang bisa mengenali dan membuat keputusan sendiri.





Demikian tips dan ulasan tentang Teknologi AI dan Manfaatnya di Dunia pekerjaan, Semoga bermanfaat, terima kasih.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Teknologi AI dan Manfaatnya di Dunia Pekerjaan"


Tinggalkan Komentar Disini