Peran Chip NVIDIA Dalam Perkebangan Dunia AI di Pasar Otomotif

Peran Chip NVIDIA Dalam Perkebangan Dunia AI di Pasar Otomotif
336 view • 05 September 2023

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Halo sobat wirneet, pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas tentang perkembangan dunia AI (Artificial Intelligence) atau dalam bahasa yaitu kecerdasan buatan, NVIDIA sendiri merupakan perusahaan kartu grafis yang digunakan pada komputer untuk menampilkan grafis yang lebih detail secara terpisah.

Awal - awal perkembangan kartu grafis NVIDIA memang tak semaju sekarang, kita tahu bawah ada dua produsen terkenal yaitu ATI dan NVIDIA, pada waktu itu nama NVIDIA masih kalah pamor dengan karti grafis ATI dari AMD, kartu grafis ATI memang cukup terkenal dan handal dalam performa menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan kartu grafis seperti desain, rendering gambar dan game.

Dengan kegigihan dan pengalaman NVIDIA saat ini membuahkan hasil, NVIDIA saat ini menjadi pemasok utama chip kartu grafis untuk memproses pembuatan AI, salau satunya adalah AI untuk mengajarkan komputer pada gambar berupa objek, contohnya gambar mobil, motor, orang rumah dan benda - benda lainnya.




AI di Teknologi Otomotif


Perkembangan teknologi chip NVIDIA saat ini banyak dipakai oleh pasar otomotif, karena untuk mengola dan memproses citra gambar membutuhkan teknologi chip dari NVIDIA, karena memang sudah di rancang chip tersebut untuk memproses gambar dengan jumlah yang sangat banyak.

Contoh penerapan AI pada mobil adalah mungkin Anda tidak sadar, jika mobil - mobil terbaru saat ini sudah di lengkapi dengan kamera, bagian depan, samping dan bahkan bagian belakang, tujuannya adalah untuk mendeteksi benda atau objek, nah dari sini sudah mulai tahu apa tujuannya kamera tersebut di gunakan.





Mobil dengan menggunakan kamera depan untuk mendeteksi objek, baik itu manusia mobil dan benda lainnya, salah satunya adalah AI untuk mendeteksi objek tersebut adalah manusia, misalkan pada saat kita berkendara, tiba - tiba ada orang melintas didepan mobil kita, maka otomatis AI tersebut merespon ada manusia melalui kamera, dan AI tersebut mengenali bahwa itu adalah objek manusia, maka respon baliknya adalah membunyikan alarm dan melakukan pengereman otomatis.

Melibatkan AI transportasi kendaraan seperti mobil itu tidak mudah, dan memang membutuhkan biaya cukup mahal, karena memang membutuhkan pemrosesan AI, salah satu pemasok teknologinya adalah Chip dari NVIDIA, dimana chip ini bekerja untuk memproses data gambar dan objek, karena memang membutuhkan pemrosesan yang sangat cepat.

Selain itu mungkin Anda tidak melihat pada bagian spion mobil, biasanya ada indikator lampu kuning, dimana itu akan menyala apabila ada objek di sampingnya saat berkendara, itu artinya ada kamera yang mendeteksi adanya objek pengendara lain.




Bagaimana Kamera Mengenali Objek


Bagaimana kamera mengenali objek dan objek tersebut adalah manusia? yang pastinya dibalik peran pentingnya adalah chip NVIDIA, dimana ditanamkan sistem AI yang diajarkan berbagai objek, seperti gambar manusia, jadi sistem AI tersebut diajarkan banyak objek gambar manusia bahkan ribuan objek manusia, kemudian data objek gambar tersebut di proses oleh prosesor chip NVIDIA tersebut, yang pastinya pengujiannya menggunakan bantuan komputer terlebih dahulu.





Jadi sistem AInya harus di ajarkan terlebih dahulu agar nantinya objek yang di ambil oleh kamera bisa di kenali, istilah sistem AI ini sering disebut dengan deep learning, jadi untuk mengenali sebuah objek, harus kita ajarkan terlebih dahulu. Chip NVIDIA sendiri bertugas untuk memproses data objek gambar tersebut dan mengolah datanya menjadi informasi yang nantinya akan dijadikan sebagai parameter hasil pengujian.

Demikian tips dan ulasan ini kami bagikan, setidaknya kita sudah mengetahui perkembangan teknologi AI dalam dunia otomotif, terima kasih telah berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Peran Chip NVIDIA Dalam Perkebangan Dunia AI di Pasar Otomotif"


Tinggalkan Komentar Disini