Gagal Input Token Listrik? Ini Penyebab dan Solusinya!

Gagal Input Token Listrik? Ini Penyebab dan Solusinya!
85 view • 25 November 2022

Picture by : wirneet.com • Post by : [email protected]

Halo sobat, mudah mudahan dalam keadaan sehat selalu, kali ini mimin akan berbagi pengalamam tentang masalah token listrik gagal terus saat melakukan pengisian, nah pasti Anda sangat bingung, karena selama ini berjalan dengan normal dan tidak ada kendala saat pembelian token. 

Dan anehnya bukan di rumah komplek saya saja, melainkan deretan rumah komplek yang lain secara bergilir, secara data dilapangan tidak ada indikasi pemutusan listrik atau segel dari pln yang rusak. Mungkin sebagian dari Anda kebingungan ini ada masalah apa, atau jangan - jangan salah nomor id pelanggan, atau nomor token yang sudah invalid.

Bagaiman solusinya, dan apa penyebabnya jika ada masalah pengisian token listrik input gagal terus, yuk simak dibawah ini caranya.





Download PLN Mobile


Solusinya adalah kontak ke bagian PLN dengan melakukan pengaduan melalui PLN Mobile, jadi Anda harus melakukan pengaduan terlebih dahulu, untuk di setting kembali meteran PLN Anda.

Silakan download terlebih dahulu PLN Mobile di google playstore bagi pengguna andoid, download di apple store bagi penggun iOS.


Daftar di PLN Mobile


Tahap selanjutnya adalah silakan daftar di PLN Mobile dengan nomor HP, agar untuk penangannya lebih mudah, karena kita nanti akan di pandu melalui whatsapp untuk penanganannya.

profile pln mobile

Setelah sukses mendaftar, silakan masuk ke menu Profile lalu pilih Layanan Saya, kemudian silakan tambahkan IDPel listrik Anda, ini berfungsi untuk pengaduan nantinya, karena pada saat pengaduan kita diminta untuk pilih id planggan.
 


Cara Isi Pengaduan di PLN Mobile


Tahap selanjutnya adalah kita lakukan pengaduan terkait pengisian token listrik gagal terus, silakan masuk ke menu Pengaduan.

menu pln mobile

Selanjutnya pada menu Pengaduan, silakan pilih kategori atau topik Pernasalahan kWh Meter Pasca Bayar dan Prabayarnya dibawah ini.

topik pengaduan di pln mobile

Step selanjutnya silakan pilih Id Pelanggan Anda, yang sudah di masukkan sebelumnya.

pilih id pelanggan di pln mobile

Step selanjutnya adalah konfirmasi Lokasi Anda, jika belum sesuai silakan tentukan titik koordinatnya.

pilih lokasi do pln mobile

Langkah selanjutnya adalah silakan masukkan pengaduan terkaitan masalah yang Anda alami, contoh pengaduan yang saya gunakan adalah seperti ini.

Selamat mlm/siang/pagi PLN, mohon dibantu, saya baru saja beli token listrik, tapi pada saat isi token di meteran gagal terus, mohon bantuannnya pak PLN.

 

isi pengaduan pln mobile

Kemudian silakan tap Kirim Pengaduan, waktu proses sangat cepat, hanya 1 - 2 menit saja, kita akan di konfirmasi pihak PLN terkait masalahnya via whatsapp.



Pada kasus ini saya diberikan kode kunci token dari pihak PLN untuk di inputkan sebanyak 4 baris, ini bisa jadi merupakan kode reset pihak PLN, dan benar setelah saya masukkan kode kunci token 4 baris tersebut, kemudian saya lanjutkan no token yang saya beli itu ternyata berhasil.

kode key token pln

Kode key token ini bisa saja berbeda - beda, karena setiap perangkat masing - masing juga berbeda berdasarkan lokasi dan id pelanggan kita.

Setelah berhasil, maka selanjutnya kita lakukan Konfirmasi pengaduan telah selesai di PLN Mobile. Kemudian mimin iseng menanyakan hal tersebut ke pihak yang menangani, kenapa ini masalahnya pak, padahal saya tidak ada melakukan pelanggaran dan tidak melakukan pencurian, ini kenapa tiba - tiba saya isi token gagal terus? jawaban dari pihak mereka adalah dari Pusat, iya pusat PLN Jakarta, biar tidak mudah rusak katanya. 



Dari jawaban tersebut sepertinya operator penanganan kurang tahu menahu permasalahan sebenarnya, karena bisa saja pihak PLN melakukan perubahan data yang ada di meteran listrik kita, agar tidak mudah di tukangi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikian tips dan ulasan ini kami bagikan, terima kasih telah berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat.





Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "Gagal Input Token Listrik? Ini Penyebab dan Solusinya!"


Tinggalkan Komentar Disini