Chatgpt VS Google Search Mana Yang Lebih Hebat

Chatgpt VS Google Search Mana Yang Lebih Hebat
114 view • 24 Juli 2023

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@wirneet

Sejak diluncurkannya sistem pencarian baru yaitu chatgtp di tahun 2022, banyak sekali yang ingin menggunakanya, termasuk mimin yang ikutan kepo dalam menggunakan search engine yang satu ini, mungkin sebagian sudah banyak yang menggunakan chatgpt, karena penggunaanya sangat simple, cukup dengan mengajukan pertanyaan lalu chatgpt langsung menampilkan jawabanya, jadi konsepnya adalah question and answer, jadi apa saja yang kamu tanyakan ke chatgpt akan di jawab sesuai dengan pertanyaan.

Dengan hadirnya chatgpt banyak orang tertarik untuk menggunakanya, karena memang saat ini platform AI chatgpt digunakan secara gratis, dengan banyaknya orang tertarik dengan platform tersebut, Google sendiri merasa ada pesaing baru dalam hal search engine berbasis AI, dimana pemrosesannya dilakukan oleh komputer dengan bantuan sitem AI.

Baca juga : 10 Produk Terbaik Google yang Pernah Ada

Konsep chatgpt mirip dengan search engine google, hanya saja pemrosesan yang di lakukan oleh chatgpt di kerjakan oleh AI, nah makin penasarankan, bagaimana kehebatan antara keduanya, yuk simak ulasanya di bawah ini tentang Chatgpt VS Google Search Mana Yang Lebih Hebat.




Kehebatan di Balik Chatgpt Berbasis AI


chatgpt

AI merupakan kepanjangan dari Artificial Intelligence atau sering di sebut dengan kecerdasan buatan, machine learning yang dibangun chatgpt mampu mengolah informasi melalui internet, dimana data - data tersebut di olah untuk menampilkan informasi, misalkan bagaimana cara membuat layangan, maka dari pertanyaan tersebut chatgpt langsung memberikan jawaban yang tidak terduga, yaitu memberikan informasi step by step dalam pembuatanya, serta bahan yang di butuhkan, wah... keren bukan.

Informasi yang ditampilkan saat ini masih berbasis teks, tidak dapat menampilkan berupa gambar, jika Anda meminta gambar tertentu, maka chatgpt menyarankan menggunakan mesin pencari Google, chatgpt dengan google masih berteman hehehe, jawaban yang ditampilkan oleh chatgpt adalah murni dari mesin AI, tapi sayangnya chatgpt tidak mampu menampilkan informasi tentang berita update terbaru hari ini, sepertinya chatgpt menampilkan informasi yang sudah lalu, bisa jadi di dalam machine learning mereka belum mampu melakukan secara up to date.

Dibalik kehabatan AI chatgpt pasti ada kekurangannya, salah satunya adalah sumber informasi yang di dapatkan oleh chatgpt itu sendiri, sehingga masih menjadi tanda tanya keabsahan informasi tersebut, bisa terjadi informasi yang menyesatkan, selain itu saat ini chatgpt memiliki limit atau batasan update informasi yaitu pada September 2021 pada saat artikel ini tayang, jadi jika Anda menanyakan tentang siapa juara motogp 2022? maka chatgpt tersebut tidak bisa jawab.

Kehebatan AI chatgpt ini adalah terletak pada pemrosesan bahasa yang rumit, sehingga dia bisa menjawab apa saja yang di pertanyakan, Bagaimana dengan Google, Apakah Chatgpt bisa menggatikan posisi mesin pencari Google saat ini? Jawabanya adalah : Belum pasti, karena kita tahu bahwa Google sendiri salah satu mensin pencari terbaik saat ini, jadi belum bisa menggantikan posisi Google saat ini.




Mesin Pencari Google


google

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari Google, atau sering kita sebut mbah google, secara konsep google merupan mesin pencari yang terbaik saat ini, dimana google mendapatkan informasi melalui website yang di indeks oleh google, yang di tampilkan di laman hasil pencarian, berdasarkan algoritma google. Algoritma pencarian google menjadi bagian penting dalam menampilkan hasil pencarian, tentunya ada tahapan - tahapan misalkan rangking website, konten relevansi dengan apa yang dicari, berapa lama konten tersebut di tayangkan dan lain sebagainya.

Dibalik hasil pencarian tersebut, Google juga memiliki kecerdasan buatan yang bisa dibilang mampu menampilkan hasil yang relevan berdasarkan yang di indeks oleh google, dibanding dengan chatgpt Google lebih menampilkan berbagai macam problem solving dari hasil pencariannya yang tidak monoton.

Selain itu Google tersedia menampilkan informasi yang up to date 24/7 x 365, itu artinya tidak ada batasan waktu, google juga menampilkan berita - berita teraktual terbaru, yang memungkinkan informasi tersebut lebih akurat dan cepat di terima. Google juga menerapkan sistem copyright, artinya tidak sembarangan orang membuat konten, sehingga informasi yang di dapat adalah original, sehingga menciptakan kopentensi yang baik antara penulis yang satu dengan yang lainnya.

Secara cloud data, Google memiliki data lebih banyak ketimbang chatgpt, pasalnya Google memiliki data Indeks yang berisi lebih dari ratusan miliar halaman web berjumlah lebih dari 100.000.000 gigabyte data, bayangin itu data sebanyak apa, jika di banding dengan chatgpt hanya didasarkan pada 570 gigabytes data tekstual, secara indeks data Google jauh lebih unggul.





Secara fitur menampilkan informasi chatgpt vs google lebih unggul google, karena google bisa menampilkan berbagai konten seperti teks, gambar, dokumen, video dan file yang bisa kita download, selain itu Google juga memperbaharui indeks google dengan hasil yang lebih relevan, nah itulah kenapa google masih menjadi yang terbaik dalam mesin pencarian, jika mimin diminta pilih yang terbaik ya tentu pilih Google.

Dengan adanya chatgpt, Google juga tidak ketinggalan mengembangkan sistem pencarian mereka yaitu Google AI Serach, dimana google menerapkan pencarian dengan sistem Elasticsearch Relevance Engine yang memungkinkan generate news content.





Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah bekunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Chatgpt VS Google Search Mana Yang Lebih Hebat"


Tinggalkan Komentar Disini