Apa Itu CSR dan Manfaatnya bagi Masyarakat Umum

Apa Itu CSR dan Manfaatnya bagi Masyarakat Umum
345 view • 30 Agustus 2023

Picture by : • Post by : Admin@wirneet

Perusahaan tidak hanya memperhatikan soal profit saja tetapi juga CSR. Baik itu pemilik perusahaan dan masyarakat harus tahu apa itu CSR. CSR berperan penting sebagai bagian dari tanggung jawab industri atau perusahaan terhadap sosial serta lingkungan sekitarnya.

Sayangnya sampai saat ini tidak banyak perusahaan yang memperhatikan CSR dengan baik. Alhasil banyak pertentangan yang terjadi di masyarakat dan menimbulkan masalah. Kenali pengertian dari CSR lengkap dengan manfaat pada masyarakat dan contohnya. 

Apa Itu CSR dan Tujuannya 

CSR merupakan singkatan dari Corporate Social Responsibility yang artinya adalah konsep atau tindakan perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab pada lingkungan dan sosial sesuai lokasi industri tersebut. 
Istilah ini tentu tidak asing lagi di kalangan petinggi perusahaan serta seluruh jajaran karyawan. Perusahaan yang dengan baik menjalankan CSR ini artinya mereka sadar bahwa operasional industri yang mereka lakukan berdampak pada banyak kalangan. 

Dalam penerapannya perusahaan harus memberikan anggaran khusus untuk CSR. Dana CSR adalah dana yang digunakan untuk menciptakan aktivitas tanggung jawab perusahaan. Besarannya memang tidak spesifik karena menyesuaikan kebijakan setiap perusahaan. 

Ada beberapa tujuan sekaligus fungsi CSR yang menjadi alasan mengapa perusahaan perlu melakukannya, yaitu:





1. Menjaga Citra Perusahaan


Tujuan utama dari apa itu CSR adalah untuk menjaga citra perusahaan di mata umum. Nama baik perusahaan dapat terjaga selama CSR diterapkan dengan baik dan terencana. Pasalnya dengan CSR banyak masyarakat mengenal sisi positif dari perusahaan tersebut. Tidak sedikit juga lingkungan masyarakat yang terbantu dengan aktivitas CSR perusahaan. 




2. Solusi Masalah Lingkungan


Ada begitu dampak yang dihasilkan industri dan menjadi permasalahan lingkungan, contohnya saja limbah. Ketika industri melakukan CSR, otomatis menjadi bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan solusi. Bukan hanya limbah yang mempengaruhi lingkungan tetapi juga termasuk masalah yang terjadi di lingkungan sosial sampai dengan ekonomi. Perusahaan harus bisa memberikan solusi yang tepat. 




3. Menciptakan Hubungan Baik 


Tujuan dari apa itu CSR juga termasuk menciptakan hubungan baik, khususnya di lingkungan sekitar perusahaan. Hubungan yang baik bisa menjaga keberlangsungan perusahaan di masa mendatang bahkan memudahkan untuk melakukan pengembangan. Butuh waktu dan strategi tepat untuk membangun hubungan baik, khususnya di lingkungan sosial. Aktivitas CSR yang bertujuan untuk membangun hubungan baik ini biasanya akan memberikan manfaat yang lebih besar dan bisa dirasakan lingkungan sekitar. 




Manfaat CSR untuk Masyarakat dan Contohnya


Jika di mata perusahaan CSR memiliki tujuan untuk pencitraan hingga menciptakan hubungan baik, maka ada juga manfaat yang bisa didapatkan oleh masyarakat. Jadi bukan hanya internal perusahaan saja yang merasakan manfaatnya. 
Bagi masyarakat yang mengenal perusahaan, beberapa manfaat berikut ini bisa dirasakan. 
 




1. Membuka Lapangan Pekerjaan


Manfaat yang paling sering dirasakan adalah dengan adanya industri atau perusahaan maka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar pun akan terbuka lebar. Contohnya saja sebuah pabrik garmen yang didirikan pada suatu daerah. 
Otomatis pabrik tersebut akan merekrut lebih banyak karyawan yang potensial dari penduduk setempat. Pemberdayaan masyarakat ini juga menjadi bagian upaya membantu pemerintah untuk memberantas kemiskinan.




2. Mengembangkan usaha 


Memperhatikan pengertian apa itu CSR tadi, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan yang juga sangat membantu masyarakat justru dalam hal pengembangan usaha. Cukup banyak perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman untuk modal usaha bagi karyawannya atau masyarakat sekitar. Adanya pemberian modal ini membuka peluang untuk pengembangan UMKM. Hal ini juga berdampak besar terhadap ekonomi masyarakat umum. Kesejahteraan masyarakat jangka panjang pun bisa lebih terjaga. 




3. Meningkatkan Kesehatan Masyarakat


Pada bidang kesehatan banyak juga perusahaan yang berkontribusi untuk masyarakat sekitarnya. Contoh CSR bidang kesehatan yang cukup sering diadakan seperti cek kesehatan untuk lansia, pengobatan gratis sampai dengan vaksin gratis. Kegiatan ini bisa mencakup masyarakat sekitar atau masyarakat umum yang membutuhkan. Jadi kesehatan masyarakat pun dapat terbantu dengan lebih baik. Ada juga perusahaan yang rutin melakukan kegiatan seperti ini setiap satu bulan sekali.




4. Memberikan Hiburan Rakyat


Tidak selalu permasalahan ekonomi, manfaat apa itu CSR juga berhubungan dalam dunia hiburan. Masyarakat umum bisa mengikuti acara hiburan yang diselenggarakan perusahaan tersebut, contohnya festival atau panggung gembira dalam rangka ulang tahun perusahaan. Hiburan yang disediakan ini bisa diakses cuma-cuma oleh masyarakat yang menjadi tempat hiburan gratis. Manfaat ini juga sebagai bagian dari pemberdayaan budaya.




5. Mengembangkan Infrastruktur


Siapa sangka bahwa aktivitas CSR perusahaan juga memberikan manfaat dalam hal infrastruktur yang bisa dirasakan masyarakat umum. Contoh yang paling banyak adalah perusahaan membangun tempat ibadah seperti mushola atau masjid yang bisa digunakan masyarakat umum. 





Ada juga perusahaan yang memperbaiki jalan umum sehingga akses kendaraan masyarakat jadi lebih mudah. Demi terciptanya infrastruktur ini tentu saja dukungan masyarakat pun juga diperlukan.

Mengenali apa itu CSR lebih dalam, membuktikan bahwa setiap perusahaan seharusnya menerapkannya dengan baik. Ketika citra perusahaan baik dan masyarakat umum senang maka operasional perusahaan pun tidak akan mengalami masalah. Konflik dengan masyarakat pun bisa diminimalisir. 





Artikel Terkait



Ada 0 Komentar di "Apa Itu CSR dan Manfaatnya bagi Masyarakat Umum"


Tinggalkan Komentar Disini